Plt Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo saat membuka Musrembang (foto : Joko Pramono/Tulungagungtimes)

Plt Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo saat membuka Musrembang (foto : Joko Pramono/Tulungagungtimes)


Editor

A Yahya


Plt Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo buka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2020 Kamis (14/03) siang kemarin. Hadir dalam acara itu kepala Bakorwil Madiun Gatot Gunarso, Ketua DPRD Tulungagung Supriyono serta anggota forkopimda di kabupaten Tulungagung, serta OPD lingkup Pemkab Tulungagung. 

Kepala Bakorwil Madiun Gatot Gunarso dalam sambutannya mengatakan pentingnya meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Jawa Timur, seperti yang disampaikan oleh Gubernur terpilih Kofifah Indar Parawansa. Terlebih berdasarkan data teranyar, IPM Provinsi Jawa Timur ada di urutan paling rendah di antara provinsi lain di pulau jawa. “Jawa timur ada di urutan paling bawah diantara provinsi lain di pulau jawa, kita masih dibawah DIY,” ujarnya. 

Menurutnya, ada 3 hal yang harus diperhatikan dalam meningkatkan IPM adalah Aspek pelayanan Pendidikan, Pelayanan kesehatan dan daya beli masyarakat. Oleh sebab itu menurut Gatot, pemerintah kabupaten harus membuat program program kerja yang mampu bertumpu pada 3 hal pokok tersebut. “ya itu tadi, pelayanan pendidikan, pelayanan kesehatan dan peningkatan daya beli masyarakat,”tuturnya. 

Sementara itu di hadapan tamu undangan peserta Musrenbang, Plt Bupati Tulungagung Maryoto Bhirowo mengatakan pihaknya juga sudah melakukan beberapa terobosan program yang berorientasi pada peningkatan IPM di Tulungagung. Mulai dari Pelayanan pendidikan dengan memberikan seragam gratis dan pemanfaatan bus sekolah untuk siswa siswi peserta didik, kemudian pemberian pelayanan kesehatan hingga angka harapan hidup masyarakat Tulungagung bisa meningkat menjadi lebih dari 70 tahun. 

“Angka rate rata rata harapan hidup kita pak sudah meningkat lebih dari 70tahun, artinya ada peningkatan harapan hidup di Tulungagung, itu tak lain karena dukungan program dan pelayanan dari pemerintah yang sudah bisa dirasakan masyarakat,” tegasnya. 

Selain itu Maryoto juga menjelaskan bahwa perbaikan infrastruktur yang telah dilakukan saat ini mulai dari perbaikan jalan hingga penyediaan lokasi pembangunan jembatan ngujang 2, tak lepas dari keinginannya untuk meningkatkan kemudahan fasilitas bagi masyarakat. Oleh sebab itu perlu didukung dengan program program lain yang akan dihasilkan dalam Musrenbang kali ini. 

Sementara itu Kepala Bappeda Kabupaten Tulungagung Suharto mengatakan tujuan dilaksanakannya Musrenbang adalah untuk mendapatkan usulan atau masukan terkait rencana pembangunan, sinkronisasi program pembangunan kabupaten Tulungagung. Sehingga diharapkan mampu menjamin keterpaduan program pembangunan daerah dari tingkat bawah sampai tingka kabupaten. Oleh sebab itu pihaknya mengundang berbagai pihak untuk membahasnya dalam diskusi diskusi yang akan dilaksanakan pada forum ini. “ini adalah forum untuk memperoleh masukan saran dan ide tentang pembangunan Tulungagung kedepannya,” pungkas Suharto.


End of content

No more pages to load