Berbentuk teko, namanya The Teapot Dome Service Station merupaka SPBU unik di Amerika Serikat. (Foto: ist)

Berbentuk teko, namanya The Teapot Dome Service Station merupaka SPBU unik di Amerika Serikat. (Foto: ist)



Jika biasanya Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Indonesia ditunjang dengan fasilitas seperti musala, ATM, toilet, restaurant, dan sebagainya, namun ada yang lebih unik lagi dari daftar SPBU di dunia ini. 

Lalu bagaimana bentuknya, berikut 5 SPBU unik di dunia, antara lain: 

1. Tramway Gas Station
 

Ada-yang-Terbuat-dari-Teko-Inilah-5-SPBU-Unik-di-Dunia13fcb6c4bfff9d8e9.jpg

SPBU yang dirancang oleh Albert Frey dan Robson C. Chambers ini dibangun sekitar tahun 1965. Frey dan Chambers merancang bangunan ini sangat unik karena lokasinya yang berada di jalan utama seakan menyapa pengunjung yang akan memasuki wilayah tersebut lewat jalur utara. Melihat bangunan ini benar-benar seperti masuk ke daerah gurun atau yang berwilayah tropis karena memang dikelilingi dengan pohon palem.

2. Union 76 Gas Station
 

Ada-yang-Terbuat-dari-Teko-Inilah-5-SPBU-Unik-di-Dunia2a2d4762e5d497402.jpg

SPBU ini mungkin tak saja dikenal dengan sebutan Union 76 Gas Station, akan tetapi familiar pula disebut dengan LAX Roof Gas Station – LAX adalah singkatan dari Los Angeles International Airport. SPBU unik ini memang semula dibuat untuk proyek bandara di daerah tersebut. Namun karena rencana tersebut batal, bangunan ini malah berfungsi menjadi SPBU.

Seorang arsitek bernama Gin Wong mendesain bangunan ini dengan gaya futuristik seperti bentuk kanopinya segitiga mengerucut yang mengingatkan kita pada pesawat terbang. Tiap SPBU tentunya memiliki kanopi-kanopi yang lebar akan tetapi di Union 76 Gas Station ini kanopinya tak hanya lebar, tapi juga memiliki bentuk yang lain daripada yang lain. Hingga saat ini, SPBU ini masih berfungsi dan menjadi ikon di daerah Beverly Hills, California, Amerika Serikat.

3. The Teapot Dome Service Station
 

Ada-yang-Terbuat-dari-Teko-Inilah-5-SPBU-Unik-di-Dunia3e9b5aa9800af17a2.jpg

Dilihat dari arsitektur bangunan ini sudah pasti semua bisa menilai bahwa bentuknya terinspirasi dari teko. Bentuk SPBU yang unik ini memang dibuat pada tahun 1922 karena terinspirasi dari skandal teapot dome, yakni skandal suap perminyakan yang menjerat Menteri Dalam Negeri Amerika Serikat pada saat pemerintahan presiden Warren G. Harding itu.

Jack Ainsworth adalah nama orang yang mendirikan bangunan ini. Di tahun 1928, seorang bernama A.J. Thomas dan istrinya membeli bangunan ini dan kemudian memfungsikannya sebagai SPBU ditambah dengan dekorasi air mancur di sekitarnya. Karena keunikannya, SPBU ini menjadi ikon bagi kota Zillah, Washington yang tak lain adalah lokasi teko tersebut.

4. Helios House Gas Station
 

Ada-yang-Terbuat-dari-Teko-Inilah-5-SPBU-Unik-di-Dunia4500944152846a2d0.jpg

SPBU yang satu ini mungkin bisa menjadi titik awal contoh SPBU di masa depan. Bagaimana tidak? Bangunan SPBU yang terletak di Olympic Boulevard, Los Angeles, California, Amerika Serikat ini seluruhnya berbahan barang bekas yang bisa didaur ulang. SPBU ini dirancang oleh sebuah perusahaan bernama Office Da Architects dan dibangun pada tahun 2007.

Mulai dari atap segitiganya yang memanfaatkan 90 panel surya, stainless steel bekas dan kaktus. Ada juga toiletnya yang memanfaatkan ubin keramik bekas dan bahan bekas lainnya yang dirakit dan tentu saja masih bisa didaur ulang. SPBU ini bisa dikatakan sebagai SPBU paling ramah lingkungan di dunia, tak heran bila sebagian orang juga menyebutnya sebagai Green Gas Station.

5. The Petrol Station Skovshoved
 

Ada-yang-Terbuat-dari-Teko-Inilah-5-SPBU-Unik-di-Dunia505bd143fad934dd4.jpg

Arne Jacobsen adalah salah satu arsitek dan desainer terkenal di negara Denmark. Segala macam karya dan hasil rancangannya selalu menjadi fenomenal, seperti SPBU unik ini yaitu The Petrol Station Skovshoved yang berlokasi di Skovshoved, bagian utara kota Kopenhagen, Denmark. Dibuka secara umum pada tahun 1936 hingga sekarang SPBU unik ini memiliki desain yang futuristik dibandingkan SPBU lain yang ada di Denmark. Seperti misalnya kanopi berbentuk oval yang berfungsi untuk meneduhkan tempat konsumen mengisi bahan bakar di siang hari dan juga menjadi penerang ketika malam hari.

Dengan mempertahankan desain lama, pompa bensin serta atapnya pun masih berfungsi dengan baik. Di sisi lain, SPBU futuristik ini juga memiliki toko yang menjual es krim. Jadi selagi kendaraan pengendara diisi bahan bakar, mereka bisa menunggu dengan menikmati es krim.

Tag's Berita

End of content

No more pages to load