Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Serahkan SK, Plt Wali Kota Blitar Berharap CPNS Disiplin dan Produktif

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

08 - Mar - 2019, 15:30

Placeholder
Plt Wali Kota Blitar, Santoso menyerahkan SK CPNS secara simbolik

Plt. Wali Kota Blitar, Santoso, menyerahkan SK kepada 215 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Blitar, di Balaikota Koesoemo Wicitra, Jum’at (8/3). Nampak raut muka bahagia dari penerima SK.

Guna memberikan pemahaman terhadap tugas pokok dan fungsinya, setelah SK diserahkan seluruh CPNS langsung diwajibkan mengikuti orientasi pelaksanaan tugas selama empat hari. Hadir dalam kegiatan ini, Sekretaris Daerah Kota Blitar Rudy Wijonarko, Ketua BKD Kota Blitar Suyoto, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah.

Dengan diserahkannya SK ini berarti para CPNS ini telah resmi menjadi bagian dari Pemerintah Kota Blitar dengan segala hak dan kewajiban yang melekat di dalamnya. Karena statusnya masih ”calon” PNS, maka tentu Pemerintah Kota Blitar masih akan memantau dan mengevaluasi kinerja, kedisiplinan, dan berbagai persyaratan lain sebelum nantinya resmi diangkat sebagai PNS.

Yang menarik, sesaat setelah diserahkan SK. Setelah itu langsung dilakukan tes bebas narkoba kepada seluruh CPNS. Pria yang juga menjadi Ketua BNK Kota Blitar ini melanjutkan pada masa CPNS ini juga harus melaksanakan tes bebas narkoba. tes ini merupakan komitmen Pemerintah Kota Blitar untuk mewujudkan aparatur yang bebas narkoba. Secara berkala dan sewaktu – waktu kami juga telah melaksanakan tes uji narkoba kepada kepala OPD, para pejabat baik struktural dan pejabat fungsional termasuk guru. Sehingga seluruh CPNS Kota Blitar harus benar- benar bebas narkoba.

“Saudara- saudara adalah orang- orang pilihan yang telah diterima menjadi CPNS Kota Blitar. Pada seleksi CPNS kali ini ada perbedaan. Sejak awal mendaftar, peserta sudah mendaftar sesuai Organisasi Perangkat Daerahnya. Sehingga benar- benar fokus dan sesuai dengan latar belakang keilmuan,” ungkap Santoso dalam sambutannya. 

Ditegasannya, CPNS diberikan SK di saat proses reformasi birokrasi. Saat ini, di seluruh Indonesia pada umumnya dan di Kota Blitar pada khususnya, proses reformasi birokrasi berjalan dengan sangat cepat.

”Saat ini terjadi perubahan pola pikir dan pola tindak birokrasi yang luar biasa. Di berbagai daerah, termasuk di Kota Blitar, inovasi dan program – program terobosan terus dilakukan. Aparatur Kota Blitar tidak hanya dituntut disiplin, tetapi juga paham tupoksi, akrab dengan teknologi informasi, rajin berolahraga, dan memiliki loyalitas yang tinggi. Tahun 2019 ini, Kota Blitar sedang serius menaruh fokus pada pengembangan investasi dan pengembangan digitalisasi, sehingga seluruh ASN harus memberikan dukungan atas sukses dan lancarnya program pemerintah daerah,” tegas dia.

Proses berjalan dengan fair dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Rekrutmennya berjalan dengan sistem Computer Assesment Tes (CAT) dan nilainya ditampilkan dengan transparan. Proses yang bersih dari KKN ini penting baik bagi pemerintah Kota Blitar maupun bagi CPNS. Bagi Pemerintah Kota Blitar, dengan rekrutmen yang bersih KKN diharapkan terjaring calon pegawai yang benar- benar memiliki kompetensi dan sesuai dengan kebutuhan. Sementara bagi CPNS yang bersangkutan, proses rekrutmen yang fair juga penting karena dapat bebas dari beban psikologis sehingga dapat fokus bekerja dengan sebaik- baiknya.

“Kami sadar apabila salah dalam rekrutmen berarti pemerintah Kota Blitar rugi dalam satu generasi, sekitar 20-30 tahun. Sehingga kami benar- benar berhati-hati dalam rekrutmen CPNS ini,” katanya.

Dia berharap CPNS ikut menjadi bagian dari gerbong yang menyukseskan visi daerah. CPNS  harus dapat menjadi pendorong reformasi birokrasi dan bukan menjadi beban. Santoso menunggu prestasi dan kerja keras. “ Buktikan bahwa saudara- saudara adalah kader- kader birokrasi kota blitar yang dapat dibanggakan. kemudian yang tidak kalah penting, saudara akan mengikuti orientasi pelaksanaan tugas bagi CPNS. untuk itu, ikutilah kegiatan orientasi dengan sebaik-baiknya. siapkan mental dan fisik saudara. serap materi dan nanti terapkan dalam pelaksanaan kerja di OPD masing-masing,” pungkas Santoso.(*)


Topik

Pemerintahan blitar berita-blitar Plt-Wali-Kota-Blitar SK-CPNS-secara-simbolik Calon-Pegawai-Negeri-Sipil-(CPNS)



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Sri Kurnia Mahiruni