Antrian kendaraan di depan dermaga Ponton Pelabuhan Ketapang

Antrian kendaraan di depan dermaga Ponton Pelabuhan Ketapang



Pelabuhan penyeberangan Ketapang mulai dibuka pukul 04.30 WIB, Jumat (8/3/19) pagi. Ratusan kendaraan yang sudah menunggu sejak semalam mulai menyeberang ke Pulau Bali. Aparat kepolisian yang diterjunkan tampak sibuk megatur kendaraan yang hendak masuk ke Pelabuhan Ketapang.

Kendaraan yang akan menyeberang ke Pulau Bali mulai memenuhi area parkir Pelabuhan Ketapang sejak Kamis semalam. Setelah area parkir dalam Pelabuhan Ketapang penuh, petugas Kepolisian mengarahkan kendaraan menuju ke kantung parkir yang sudah disediakan. Ada empat kantung  parkir yang disediakan untuk menampung kendaraan yang hendak menyeberang ke Bali selama Pelabuhan Ketapang ditutup.

Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi menjelaskan, kendaraan yang akan masuk ke dalam lelabuhan dilakukan dengan menerapkan sistem kartu antrean berdasarkan kantung parkir. Ini untuk mencegah terjadinya  penumpukan dan kemacetan kendaraan. “Kendaraan masuk ke dalam Pelabuhan Ketapang sesuai urutan kartu antrean di kantung parkir,” kata mantan kapolres Bondowoso ini.

Sistem ini terbukti sangat efektif untuk mencegah kemacetan. Hanya dalam hitungan dua sampai tiga jam, kendaraan yang ada di kantung parkir sudah kosong. Sehingga kepadatan arus lalu lintas bisa cepat terurai.

Dia menyatakan, pihaknya telah mengarahkan sejumlah kendaraan untuk stand by di depan dermaga meski pelabuhan belum dibuka. Sekitar pukul 04.00 WIB, kendaraan mulai masuk ke dalam kapal yang ada di dermaga. “Sehingga saat pelabuhan mulai dioperasikan pada pukul 04.30 WIB, kapal bisa langsung berangkat,” ungkap kapolres.

Kendaraan yang saat ini masih mengantre untuk masuk Pelabuhan Ketapang adalah kendaraan yang baru tiba di sekitar pelabuhan. Kapolres memperkirakan hari ini arus kendaraan di Pelabuhan Ketapang sudah normal. “Mungkin ada yang masih berada di hotel dan baru berangkat nanti siang,” ujarnya.


End of content

No more pages to load