salah satu menu gurami di Warung Mbok Sri. (Foto: Ist)

salah satu menu gurami di Warung Mbok Sri. (Foto: Ist)



Ketika berwisata ke Kota Batu pasti ingin mencicipi kuliner khas kota sejuk ini. Tapi bingung mencari tempat kuliner yang recommended? Berikut 10 kuliner khas di Kota Batu yang wajib untuk dicicipi sebelum kemali ke kampung halaman, antara lain:

1. Warung Rujak Cingur Bu Ani

Rujak Bu Ani bisa menjadi alternatif kuliner ketika berwisata ke Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

Kota Wisata Batu punya kuliner rakyat nan nikmat. Mau tahu apa itu? Namanya rujak cingur. Meski di banyak daerah sudah jamak penganan bernama rujak cingur, tetapi yang satu ini berbeda dan harus dicoba.

Namanya Warung Rujak Cingur Bu Ani. Lokasinya berada di arah pendakian Gunung Panderman, Jalan Sakura Desa Pesanggrahan Kecamatan Batu. Yang khas dari rujak ini adalah bumbunya yang lebih kental dibanding rujak lainnya. Rasanya pun sedap dan nikmat.

Selain sambal alias bumbu rujak yang lebih kental, cingur yang disajikan juga cukup banyak. Potongannya pun relatif besar tetapi tetap pas ukurannya di mulut. Tentu saja, cingurnya empuk dan tidak alot.

2. Warung Rawon Jami'ah

Satu porsi rawon Jamiah lengkap dengan mendol dan abon daging. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
 

Bagi yang ada di Kota Batu, coba rawon Jami'ah di Jalan Panglima Sudirman Kota Batu. Warung rawon ini seringkali menjadi jujukan wisatawan yang berkunjung ke kota dengan motto Shining Batu ini.

Rumah makan ini sudah dikelola turun temurun tiga generasi. Berdiri sejak 1950. Meski di sana ada beragam menu lain seperti soto daging dan rendang, tetapi rawon tetap menjadi unggulan. Untuk racikan bumbu-bumbu rawon sejak tahun 1950 tetap dijaga.

3. Warung Emak Prasmanan

Salah satu menu masakan tradisional yang tersaji di Warung Emak Prasmanan Kota BAtu. (Muklas/BatuTIMES)
 

Ingin mencicipi makanan enak, cepat saji dan bercita rasa tradisional ketika berwisata di Kota Batu? Coba datang ke Warung Emak Prasmanan. Lokasinya di Jalan Bukit Berbunga 80, Desa Sidomulyo Kota Batu. Warungnya mudah ditemukan. Karena berada di tepi jalan raya menuju objek wisata Selecta. Bangunannya sederhana seluas kurang lebih 200 meter persegi.

Soal rasa masakannya, boleh diadu dengan restoran dan depot lainnya. Rasanya pas dan sangat mantap di lidah orang Indonesia. Di Warung Emak Prasmanan tersaji sebanyak 25 menu masakan. Diantaranya nasi campur ayam, nasi rawon, nasi sate ayam, nasi ayam bakar, nasi rames daging, nasi soto daging, dan nasi gulai kambing, dan sebagainya.

4. Bakso De Stadion

Bakso prasmanan dengan beragam pilihan di Bakso De Stadion. (Foto: Ist)

Suasana Kota Batu yang dingin menjadikan bakso sebagai kuliner yang cocok dan paling diburu wisatawan. Salah satu bakso yang patut dicoba adalah bakso De Stadion di sebelah Utara Stadion Brantas Kota Batu. Warung bakso yang mulai dibuka 2013 ini memiliki konsep yang berbeda dari warung bakso biasa.

Bakso De Stadion mengusung konsep prasmanan dalam penyajiannya. Di sini konsumen dapat mengambil bakso dengan sesuka hati. Di sini terdapat belasan varian bakso, selain bakso yang menjadi favorit bakso bakar, cwie mie juga favorit pengunjung yang datang.

5.  Sup Iga Warung Mina Jaya

Sup iga ini sangat cocok dinikmati ketika berwisata ke Kota Batu apalagi di musim penghujan saat ini. (Foto: Muklas/BatuTIMES)
 

Masakan sup iga sapi bisa menjadi rekomendasi santapan di akhir pekan. Masakan berkuah ini bisa bikin lidah bergoyang tetapi tak sampai merogoh kocek dalam-dalam.

Rasa gurih kaldu sapi bercampur merica sungguh menggugah selera, apalagi ketika suasana Kota Wisata Batu sedang gerimis. Letaknya berada di warung Mina Jaya, Jalan Patimura, Kecamatan Kota Batu.

6. Warung Wareg

Gurami goreng kering salah satu menu di Warung Wareg. (Foto: Ist)

 

Warung Wareg bisa menjadi salah satu pilihan bagi wisatawan yang suka dengan olahan ikan gurami. Ada beragam masakan dari gurami crispy, gurami goreng garing yang dibalut tepung, gurami bakar, dan beragam bumbu.

Dan tentunya beragam menunya, bisa ditemukan di Jalan Ir Soekarno, Desa Beji, Kecamatan Junrejo dan di Jalan Dieng, Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu.

7. Warung Mbok Sri

salah satu menu gurami di Warung Mbok Sri. (Foto: Ist)

 

Sama halnya dengan Wareg, menu di warung Mbok Sri ini tidak jauh beda menunya dengan Wareg. Tidak hanya gurami, tetapi di sana juga terdapat beragam menu sayuran, udang, ayam, dan sebagainya. Jika penasaran dengan rasanya bisa mencarinya di Jalan Ir Soekarno, Desa Beji, Kecamatan Junrejo.

8. Kikil Sapi Ario Samba

Sepertinya menu satu ini wajib dimasukkan dalam daftar kuliner yang ada di Kota Batu. Ya, namanya Kikil Sapi Ario Samba. Lokasinya di Jalan Suropati, depan Balai Desa Pesanggarahan, Kecamatan Batu.

Menu yang ditawarkan, mulai dari Kikil urat, kikil campur. Untuk menyantap sup kikil ini paling cocok dinikmati dengan lontong, lalu lumuri jeruk nipis agar aroma kuah menjadi asam segar.

9. Sate Hotplate

Sate Kambing hotplate salah satu menu di Sate Hotplate. (foto: ist)

Menu utama yang ditawarkan adalah sate dengan hotplate-nya yang menjadi primadona pelanggan berkunjung di sana. Selain sate kambing, ada juga sate ayam bagi kalian yang tidak terlalu suka dengan daging kambing.

Selain itu terdapat pula menu lain yang mengutamakan olahan daging kambing. Semua menu di resto ini dihidangkan menggunakan hotplate. Jika biasanya hotplate hanya digunakan untuk hidangan steak, dan lain-lain, maka di resto ini hotplate dimanfaatkan untuk menyajikan sate. Warung yang sudah melegenda ini letaknya di Jalan Patimura, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu.

10. Warung Bamboe

Patin Goreng salah satu menu di Warung Bamboe. (Foto: Ist)

Warung ini berada di Jalan Raya Selecta, Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu. Warung tersebut menjadi jujukan bagi wisatawan, selain tempatnya lesehan yang berada di pinggir kolam ikan ternyata jadi daya tarik sendiri.

Menunya di sana terdapat beragam masakan ikan dengan bumbunya yang nendang dan khas. Apalagi dinikmati dengan suasana suara air dan hawa dinginnya Kota Batu.


End of content

No more pages to load