Plt Kadinsos Kota Malang, Penny Indriyani (paling kanan) bersama perwakilan DPRD Kota Malang dan akademisi dari Universitas Brawijaya (Hendra Saputra)
Plt Kadinsos Kota Malang, Penny Indriyani (paling kanan) bersama perwakilan DPRD Kota Malang dan akademisi dari Universitas Brawijaya (Hendra Saputra)

Dinas Sosial (Dinsos) Kota Malang terus berupaya meningkatkan kesejahteraan sosial melalui pemberdayaan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) agar mampu memenuhi kebutuhan dasar.

Dari tahun ke tahun, Dinsos Kota Malang terus berupaya meningkatkan kualitas perlindungan sosial untuk kota yang berjuluk Bhumi Arema ini.

Dengan upaya tersebut, Dinsos berharap terwujudnya aksesibilitas perlindungan sosial dalam memenuhi kebutuhan dasar, pelayanan sosial, pemberdayaan sosial dan jaminan kesejahteraan sosial bagi PMKS.

"Ini juga salah satu bentuk mewujudkan keinginan Wali Kota Malang untuk mewujudkan kota yang rukun dan toleran berasaskan keberagaman dan keberpihakan terhadap masyarakat rentan dan gender," ujar Plt Kadinsos Kota Malang, Penny Indriyani.

Selain itu, Penny mengungkapkan bahwa sasaran utama Dinsos Kota Malang masih tetap mengentaskan fakir miskin sekaligus program rehabilitasi dan perlindungan jaminan sosial.

"Nantinya akan ada beberapa program kegiatan, tapi masih belum dirumuskan karena kami akan dirampingkan (dilebur) bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB)," ungkapnya.

Informasi yang didapat MalangTIMES, ada 11 program pemberdayaan sosial dan penanganan fakir miskin yang sudah dirumuskan Dinsos Kota Malang.

1. Pelatihan dan pelatihan ketrampilan kerja untuk Penyandang Masalah Kesejahteraan 
2. Pembinaan PSM kelurahan se Kota Malang dan FK PSM Kota Malang
3. Fasilitasi kegiatan Karang Werdha
4. Sosialisasi Undian Gratis Berhadiah UGB dan Pengumpulan Uang atau Barang PUB
5. Fasilitasi kegiatan Karang Taruna Kota Malang
6. Pembinaan administrasi Lembaga Kesejahteraan Sosial Kota Malang
7. Sosialisasi Pusat Informasi dan Edukasi PIE NAPZA
8. Pemberian bantuan Beras Pra Sejahtera Daerah (RASDA) 
9. Sosialisasi Bantuan Sosial untuk PSKS dan Masyarakat
10. Pelestarian nilai-nilai kepahlawanan, keperintisan dan kesetiakawanan sosial
11. Pemeliharaan dan penataan TMP Suropati dan Monumen TRIP