Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hiburan, Seni dan Budaya

Banyak Benda Sejarah Tersebar, Desa Ampelan Akan Segera Siapkan PerDes Cagar Budaya

Penulis : Puri Nur'aini Agustin - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

15 - Feb - 2019, 10:11

Placeholder
BPD Bersama Kades Ampelan saat melakukan Musrembang sekaligus pembahasan Perdes Cagar Budaya (Jum'at 15/2)

Desa Ampelan Bondowoso merupakan salah satu desa di Kecamatan Wringin dengan temuan benda-benda peninggalan sejarah yang cukup tinggi. Beberapa di antaranya masih dalam tahapan kajian dan penelitian sebagai proses identifikasi lebih lanjut.

"Beberapa temuan itu saat ini masih sedang kita kaji, meminta pendapat para ahli untuk mendapat penjelasan yang lebih komprehensif," ungkap Misbahul Munir, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Ampelan.

Selain itu, menurutnya sebagai badan legislasi desa, BPD Ampelan juga sedang merumuskan draft regulasi tingkat desa untuk melindungi serta merawat benda-benda bersejarah yang tersebar di lingkungan desa.

"Seperti pesan Bung Karno, Jasmerah: Jangan sekali-kali melupakan sejarah," tambahnya.

Senada dengan itu, Rahmad Affandi, Pegiat Komunitas Pemuda Ampelan Bersaudara juga turut mendesak agar Pemerintah Desa Ampelan segera ambil peran untuk melindungi serta merawat benda-benda bersejarah di lingkungan desa.

"Kami mendesak dan siap bersinergi dengan pemerintah desa untuk melindungi dan merawat benda-benda bersejarah tersebut," ujarnya.

"Sebagai aksi nyata, kami komunitas Pemuda Ampelan Bersaudara bersama warga dan Pihak pemerintah desa akan bergotong-royong membersihkan lolasi situs 'Batoh Labeng' sabtu depan," tambahnya membeberkan acara giat desa yang akan dilaksanakan akhir pekan ini.


Topik

Hiburan, Seni dan Budaya bondowoso berita-bondowoso Benda-Sejarah-Tersebar Siapkan-PerDes-Cagar-Budaya Desa-Ampelan-Bondowoso



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Puri Nur'aini Agustin

Editor

Sri Kurnia Mahiruni