Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Wisata

Kawinkan Budaya Lokal dan Sport Tourism Khas Wediawu

Penulis : Aditya Fachril Bayu - Editor : Heryanto

12 - Feb - 2019, 15:56

Placeholder
WEDIAWU FESTIVAL, Show Up Sport, Culture, and tourism (Foto Mbois Community)

Untuk mengangkat potensi budaya di Pantai Wediawu Desa Purwodadi Kecamatan Tirtoyudo, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang bersama dengan Mbois Community menggelar acara Wediawu Festival Sport, Culture and Tourism, Minggu (10/2) kemarin. Bukan hanya mengusung keindahan alam pesisirnya, surga tersembunyi yang terletak di tenggara Kabupaten Malang tersebut juga memiliki potensi kearifan lokal yang tak bisa dianggap remeh.

Kadisparbud Kabupaten Malang Made Arya Wedhantara menyampaikan bahwa salah satu persyaratan yang harus dipenuhi agar destinasi wisata bisa go public adalah 3A. Yakni keberadaan atraksi, aksesibiltas, serta amenitas (3A). “Nah, festival budaya inilah yang ingin kami angkat untuk menunjang dari aspek atraksinya,” kata Made.

Dalam festival tersebut, disparbud melibatkan Seni Jaranan Campursari Turonggo Budoyo yang merupakan kearifan lokal asli masyarakat Wediawu. Beberapa pertunjukkan disajikan seperti pentas budaya seperti Reog dan Jaran Kepang atau kuda lumping. “Ada juga kompetisi traditional canoe atau adu cepat mendayung perahu kunting yang diikuti oleh nelayan sekitar perairan Bowele,” tambah Made. Lomba tersebut digelar sebagai representasi kehidupan sehari-hari para nelayan yang ada dipesisir Selain menjadi hiburan bagi warga sekitar, Made menuturkan bahwa kegiatan-kegiatan tersebut juga dikemas sebagai bentuk apresiasi pemerintah kepada sanggar seni lokal.

Dan yang pasti tidak ketinggalan yakni kompetisi surfing yang menjadi ikon dari Pantai Wediawu. “Total ada 30 peserta yang mengikuti kompetisi ditingkat Malang Raya, baik dari kelas beginner maupun grommet,” jelas ayah pria asal Bali tersebut. Meski digelar untuk tingkat lokal, dalam kompetisi tersebut turut hadir juga beberapa surfer yang berasal dari negeri sakura, Jepang.

Seperti diberitakan sebelumnya bahwa Pantai Wediawu merupakan destinasi anyar bagi para penggila sport tourism di Kabupaten Malang. Bukan hanya surfing, kedepan Pantai Wedi Awu juga akan dikembangkan menjadi pusat wisata pantai dengan berbagai atraksi seperti snorkeling, jetski, banana boats, speed boats, dan masih banyak yang lainnya.


Topik

Wisata



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aditya Fachril Bayu

Editor

Heryanto