Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Tekno

Fitur Terbaru Opera, Data Pengguna Lebih Terlindungi

Penulis : Luqmanul Hakim - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

11 - Feb - 2019, 14:45

Placeholder
Ilustrasi Opera

Opera tambahkan fitur Virtual Privat Network atau biasa disebut VPN. Penambahan fitur ini diumumkan langsung oleh opera melalui blog resminya. Fitur terbaru ini bisa langsung digunakan setelah pengguna mengupdate versi terbaru Opera pada Jumat (8/2/2019) lalu.

Dalam tulisannya pihak opera mengklaim bahwa fitur ini sudah diuji dan para pengguna aplikasi ini sudah bisa menggunakannya secara gratis dan tak terbatas.

"Kami telah mulai menguji fitur VPN browser bawaan baru kami, atau jaringan pribadi virtual, di browser Opera untuk Android kami. Pengguna beta di seluruh dunia adalah yang pertama untuk menguji fitur VPN gratis, tidak terbatas, dan tanpa-log kami," tulis Opera.

Selain itu, fitur terbaru ini juga bisa menjadi perlindungan tambahan bagi pengguna aplikasi saat bermain di dunia maya. Sehingga, dengan adanya fitur ini, perlindungan kontrol dan privasi pengguna akan lebih meningkat.

"Fitur baru ini dirancang untuk peningkatan kontrol dan privasi penjelajahan Anda. Anda tidak perlu lagi mengunduh aplikasi berbayar terpisah untuk melindungi penjelajahan Anda saat menggunakan Wi-Fi," tambahnya.

Pengaktifan fitur ini juga sangat mudah. Pengguna harus mengunduh aplikasi "Opera browser beta" di Play Store. Setelah itu, pilih menu pengaturan yang terdapat di logo Opera (pojok kiri bawah), kemudian tekan tombol VPN untuk mengaktifkan dan mematikan fitur VPN.

Selain itu, versi terbaru Opera juga ditambahkan fitur terbaru berupa pemblokiran dialog cookie. Fitur ini sangat berguna bagi yang tidak suka dengan munculnya pop up yang mengganggu di tampilan situs web. Sehingga jika dalam situs web tersebut terdapat pop up, maka Opera akan meminta persetujuan pengguna sehingga tidak akan mengganggu situs web yang diakses.

Dalam tulisan, pihak Opera mengatakan bahwa dengan adanya fitur VPN tersebut, semua data tentang pengguna akan lebih terlindungi karena IP address pengguna akan digantikan dengan IP virtual yang mempersulit untuk melacak dan mengidentifikasi perangkat pengguna.

"VPN kami adalah layanan tanpa-log, yang berarti bahwa kami tidak akan mengumpulkan informasi apa pun yang bepergian melalui server jaringan. Ini akan menjaga data pribadi Anda terlindungi dari penyusup ketika Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi publik," jelas pihak Opera. 


Topik

Tekno



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Luqmanul Hakim

Editor

Sri Kurnia Mahiruni