Babinsa Kademangan gotong royong bangun rumah warga miskin.(Foto : Team BlitarTIMES)
Babinsa Kademangan gotong royong bangun rumah warga miskin.(Foto : Team BlitarTIMES)

Anggota Koramil 0808/10 Kademangan turun langsung membantu membenahi rumah warga miskin. Pembenahan dilakukan di rumah milik Kartiem di Dusun Tumpakwaru, RT.03/RW.02 Desa Sumberjati, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, Senin (4/2/2019).

Karya bakti dilaksanakan oleh tiga anggota Koramil 0808/10, dipimpin oleh Pelda Sutarno sebagai Babinsa Desa Sumberjati. Bersama dengan kepala dusun dan Ketua RT setempat, mereka bergotong-royong bersama warga memperbaiki rumah Kartiem yang hampir roboh.

"Ini merupakan salah satu program dari Koramil yaitu Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), jadi jumlahnya satu kecamatan ada 30 rumah tidak layak huni yang kami renovasi. Pengerjaannya dari anggota Koramil dibantu dengan warga," ungkap Pelda Sutarno.

Pada kesempatan tersebut, sutarno mengatakan bahwa giat sosial kali ini menyasar warga yang memang keadaannya kurang mampu. Langkah konkrit dari jajaran Koramil 0808/10 dengan mengirimkan bantuan berupa 30 sak semen, kayu, pasir dan atap esbes.

"Awalnya rumahnya gedek dan hampir roboh, kami pirhatin melihatnya, terus ketika sosialisasi kita dapat laporan dari kepala dusun dan RT setempat. Akhirnya rumahnya Bu Kartini ini yang kita pilih untuk kita renovasi," terangnya.

Sutarno berharap, dengan program RTLH ini warga miskin dan kurang mampu seperti Kartini mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah. "Utamanya sandang, papan dan pangannya tercukupi Mereka kan juga tidak mengemis, paling tidak pemerintah dan warga sekitar lah yang berkewajiban, sebagai bentuk kepekaan sosial pada masyarakat sekitar," sambungnya.

Sementara itu, Kartini menyampaikan banyak terimakasih atas bantuan yang diberikan oleh pihak Koramil. Begitu juga kepekaan sosial dari warga sekitar dan pemerintah desa yang juga ikut bergotong-royong memperbaiki rumahnya.

"Saya sangat berterimakasih pada bapak-bapak koramil dan perangkat desa utamanya bapak RT, Kamituo dan Bapak Carik tadi juga kesini. Semoga rejekinya dilancarkan Allah SWT," tutup Kartini.(*)