Pedagang ayam di Pasar Legi Kota Blitar.(Foto : Team BlitarTIMES)
Pedagang ayam di Pasar Legi Kota Blitar.(Foto : Team BlitarTIMES)

Harga daging ayam di berbagai pasar tradisional yang ada di Kota Blitar bergeliat naik. Seperti pantauan di Pasar Legi, harga daging ayam mengalami kenaikan sejak sekitar empat hari yang lalu.

Saat ini, harga daging ayam mencapai Rp 34 ribu per kilogram.Sebelumnya harga daging ayam di tingkat pedagang masih pada kisaran Rp 24-28 ribu per kilogram.

Salah satu pedagang daging ayam di Pasar Legi, Handayani Ekanita, menduga ada dua faktor yang memicu gejolak harga daging ayam tersebut. Pertama,  stok ayam yang siap dijual dipotong jumlahnya  sehingga tidak sejalan dengan permintaan pasar. Kedua, harga pakan ayam yang telah lebih dulu mengalami kenaikan sebelum daging ayam juga ikut naik. "Harga pakan mahal sebelum harga daging ayam naik," kata dia, kepada BLITARTIMES, Selasa (22/01/2019).

Akibatnya, menurut Hadayani, dagangannya menjadi sepi karena banyak pembeli yang beralih konsumsi sebagai pengganti daging ayam. "Lumayan sepi. Ya tetap ada yang beli, tapi nggak seperti biasanya (cukup ramai pembeli)," tukasnya.

Menanggapi gejolak tersebut, Sekretaris Dinas Perdagangan dan Perindustrian Pemkot Blitar Rina Agustiati mengatakan pihaknya baru akan mengambil tindakan setelah membicarakan persoalan tersebut di internal institusinya. "Kami komunikasikan dulu di internal instansi," ucap dia.