KH. Ahmad Muwafiq saat memberikan tausiah di masjib Polres Jember (foto : Moh. Ali Makrus / Jatim TIMES)

KH. Ahmad Muwafiq saat memberikan tausiah di masjib Polres Jember (foto : Moh. Ali Makrus / Jatim TIMES)



KH. Ahmad Muwafiq atau biasa disapa Gus Muwafiq da’i nyentrik asal Sleman Yogyakarta yang dikenal dengan joke-joke segarnya, Jumat (18/1/2019) melakukan Salat Jumat di Mapolres Jember dan memberikan tausiah kepada jamaah dan personel Polres Jember.

Selain jajaran Polres Jember tampak hadir juga KH. Madini Faruq (Gus Mamak) mantan Ketua DPRD Jember, Ayub Junaidi Wakil Ketua DPRD Jember, serta beberapa tokoh masyarakat dan tokoh agama di Jember.

Dalam tausiah agama yang disampaikan usai Salat Jumat tersebut, Gus Muwafiq menyampaikan tugas dari seorang polisi bisa dikatakan perintah dari Allah Subhanahuwataala, sesuai yang tercantum dalam Al Quran At Tin, jika dimaknai lebih luas.

“Tugas polisi itu perintah dari Allah sesuai yang terkandung dalam AL Quran surah At Tin ayat 2, dimana dalam surah tersebut menggambarkan simbol-simbol Nabi Ulul Azmi, “Wattini” simbul buah Tin untuk Nabi Nuh Alaihissalam, “Waz Jaituuni simbol buah Zaitun untuk Nabi Ibrahim dan Nabi Isa karena buah ini banyak terdapat di Palestina, “Watturisinina” simbol Gunung Tur untuk Nabi Musa,” ujar Gus Muwafiq.

Sedangkan hubungaan tugas polisi dengan perintah Allah dimana? Gus Muwafiq melanjutkan dengan ayat “Wahaddzal baladil amin” yang disimbolkan untuk Nabi Muhammad SAW.

“Ini yang perlu dicermati, bahwa Nabi Muhammad SAW melandasi dakwahnya bukan hanya untuk "amanu wa amilushalihati" tapi juga untuk membuat sebuah negara yang aman, dan pada zaman seperti saat ini terutama di tahun politik, tugas polisi- polisi ini yang harus bisa membuat negara aman, jadi tugas polisi ini bisa dikatakan sebagai perintah Allah,” tambah Gus Muwafiq.

Sementara Kapolres Jember AKBP. Kusworo Wibowo Kapolres Jember AKBP. Kusworo Wibowo usai acara tausiah agama yang digelar di Masjid Mapolres Jember mengatakan, bahwa apa yang disampaikan oleh KH. Ahmad Muwafiq merupakan suntikan moril untuk personel polisi dalam menjalankan tugasnya.

“Pesan yang disampaikan oleh Gus Muwafiq untuk menjadikan personel Polres Jember bisa berakhlak mulia dan memberikan layanan terbaiknya kepada masyarakat, oleh karena itu, saya juga menekankan kepada anggota Polres Jember agar dalam menjalankan tugas selalu diniati dengan ibadah, sehingga bisa mendapatkan dua-duanya, yaitu tugas dan juga pahala,” ujar Kapolres.

Kapolres juga mengibaratkan bahwa tugas polisi seperti wasit dalam sepak bola, kalau bekerja sesuai amanah dan juga istiqomah, maka permainan sepak bola akan menjadi fair play, dan tidak ada kericuhan, begitu juga dengan polisi, kalau bekerja sesuai dengan amanah dan tetap istiqomah, maka negara akan aman.

“Seperti yang disampaikan oleh beliau (Gus Muwafiq) tadi, kalau polisinya baik maka negara juga akan baik, mudah-mudahan kami semua bisa bekerja sesuai amanah dan tetap istiqomah dengan memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat dan bangsa,” pungkas Kapolres Jember. (*)


End of content

No more pages to load