Piala Adipuran dan Penghargaan Nirwasita Tantra yang diraih Lumajang (Foto : Doc Pemkab / Jatim TIMES)
Piala Adipuran dan Penghargaan Nirwasita Tantra yang diraih Lumajang (Foto : Doc Pemkab / Jatim TIMES)

Pada cara Car Free Day minggu depan (20/1), Piala Adipura akan dipajang di Alun-Alun Lumajang sehingga masyarakat bisa foto selfie dengan lambang keberhasilan dibidang kebersihan itu. Hal ini disampaikan oleh Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq, kepada media ini dikantornya, Rabu (16/1) kemarin.

Cara ini dilakukan karena kirab Piala Adipura yang biasanya dilakukan, kali ini tidak akan dilaksanakan. "Sebenarnya ada banyak usulan untuk dikirab, namun jika dikirab maka piala tersebut hanya lewat saja, masyarakat tidak bisa foto bersama dengan piala tersebut. Makanya kita memilih untuk dipajang saja di Alun-Alun Lumajang," kata Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq.

Dengan dipajang di Alun-Alun Lumajang warga bisa memegang Piala Adipura dan bisa foto dengan memegang Piala Adipura tersebut. Ini dinilai Bupati lebih baik, karena warga tak hanya tahu bentuknya dari media, namun bisa melihat langsung dari dekat.

"Dulu ketika pertama dapat Adipura, katanya piala itu dikirab, bahkan dijaga dengan ketat disepanjang jalan. Jangan untuk foto, megang saja tidak bisa. Nah sekarang kita beri kebebasan kepada masyarakat untuk foto-foto dengan piala tersebut," jelas Bupati kemudian.

Sebagaimana diketahui, pada hari Senin 14 Januari kemarin, Lumajang kembali memperoleh piala Adipura untuk kesekian kalinya, bahkan ditambah dengan pula dengan penghargaan Nirwaita Tantra dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI di Jakarta.

"Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Lumajang, menerima Piala Adipura dan Nirwasita Tantra, yang sebenarnya merupakan penghargaan untuk masyarakat Lumajang, luar biasa ini prestasi bersama, prestasi seluruh masyarakat Lumajang," kata Bupati Lumajang, Senin 14 Januari lalu.