Ilustrasi dari channel Terinfo (Foto : Youtube)

Ilustrasi dari channel Terinfo (Foto : Youtube)



Hingga saat ini, para peneliti dan arkeolog menemukan banyak sekali struktur dan bangunan kuno yang berada di wilayah Arab Saudi. Saking banyaknya, para ilmuwan memprediksi jika jumlahnya mencapai ribuan.

Sayangnya, akses jalan dan lokasi yang berada di medan yang berat. Membuat para peneliti kesusahan untuk dapat menelusuri lebih jauh, terkait temuan gerbang misterius tersebut.

Selain lokasinya berada di tengah gurun bebatuan serta medan pasir yang sangat tandus. Lokasi yang jauh dari peradaban manusia perkotaan, juga membuat misteri ribuan gerbang misterius itu belum terkuak.

Belum lagi ditambah dengan kebijakan pemerintah Arab Saudi, yang tidak memperkenankan sembarangan orang untuk mengakses tempat tersebut. Juga membuat para peneliti semakin “gigit jari”.

Sejauh ini para ilmuan hanya bisa memanfaatkan kecangihan teknologi, guna memecahkan gerbang misterius itu. Salah satunya dengan memanfaatkan satelit.

Bersumber dari chanel youtube Terinfo. Berikut fakta mencengangkan terkait ribuan gerbang kuno misterius di negara Arab Saudi, yang berhasil dihimpun MalangTIMES.

1 . Bangunan Arkeolog Banyak Ditemukan di Arab Saudi

Sebelum ditemukannya ribuan gerbang misterius. Beberapa peneliti sebelumnya juga pernah menemukan beberapa bangunan arkeolog. Berawal dari inilah, membuat para ilmuan mulai melakukan penelitian lebih mendalam.

Terbaru, sebuah bangunan berbentuk struktur dari bebatuan kuno misterius, juga sempat ditemukan di Arab Saudi. Tepatnya pada sebuah area di sebelah barat bagian tengah.

Kebanyakan masyarakat di Arab dan para peneliti, mengenal wilayah tersebut sebagai daerah Harrat Khaybar. Yaitu kompleks gunung Al Geder yang memiliki luas sekitar 12.000 kilometer persegi. Lokasinya berada di timur laut kota Madinah.

2 . Gerbang Persembahan dan Pengampunan

Banyaknya gerbang misterius yang ada di negara Saudi Arabia, membuat peneliti memberikan nama khusus pada struktur tersebut. Seperti misalnya Gate atau diistilahkan sebagai Gerbang.

Pemberian nama gerbang itu bukan tanpa alasan. Ratusan struktur kuno yang terbentuk diatas tanah tersebut, jika dilihat dari atas, memiliki bentuk seperti garis yang memiliki pola berbentuk kotak. Selain itu, beberapa diantaranya juga ada yang berbentuk persegi panjang. Hal inilah yang mendasari para peneliti memberikan nama penemuan mereka dengan sebutan pintu gerbang.

Tidak hanya itu saja, para arkeolog juga memberikan istilah pada setiap pola gerbang dengan sebutan Samhah. Jika menelisik pada kandungan artinya, Samhah juga bisa disebut dengan istilah sebuah persembahan atau pengampunan.

3 . Diperkirakan Berusia Ribuan Tahun