Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kuliner

Yuk Intip Beragam Kuliner Stroberi dari Kampung Stroberi Kota Batu

Penulis : Irsya Richa - Editor : Yunan Helmy

13 - Jan - 2019, 08:00

Placeholder
Bakpia, jenang, dan minuman sari stroberi produk unggulan di Kampung Stroberi Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, tidak hanya sekadar menjadi desa wisata petik stroberi. Berbagai olahan kuliner dari stroberi pun menjadi andalan warga setempat.

Lalu, apa saja hasil kuliner dari buah stroberi yang diolah warga setempat? Hasil olahan itu antara lain selai stroberi, minuman sari stroberi, dodol stroberi dan murbei, stik stroberi, dan yang terbaru ada bakpia stroberi.

Jadi, jika berkunjung ke Kampung Stroberi, tentunya para wisatawan tidak hanya sekadar berwisata memetik buah stroberi. Tetapi juga dapat membawa buah tangan produk olahan yang dibuat oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Melati Putri di Desa Pandanrejo.

"Sebagai desa wisata atau Kampung Stroberi, tentunya kami sebagai warga tidak hanya tinggal diam. Soalnya, buah stoberi bisa diolah menjadi beragam olahan yang enak dikonsumsi," kata Gunarsih, ketua KWT Melati Putri.

Ia menambahkan bahwa memanfaatkan buah stroberi itu bisa menjadi peluang pekerjaan, khususnya bagi ibu rumah tangga. Dampaknya untuk meningkatkan perekonomian warga desa setempat.

"Ini jadi peluang usaha kami untuk meningkatkan perekonomian keluarga. Dari sini, kami juga jual ke pusat oleh-oleh," imbuh Gunarsih. Hal ini, sambung dia, untuk mewujudkan visi Kota Batu, yakni Desa Berdaya Kota Berjaya.


Topik

Kuliner Kuliner-Stroberi Kampung-Stroberi-Kota-Batu



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Yunan Helmy