Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi, TP PKK Kota Kediri Kunjungi Sekaligus Edukasi Ibu Hamil

Penulis : Bambang Setioko Kediri TIMES - Editor : Yunan Helmy

10 - Jan - 2019, 17:09

Placeholder
Ketua TP PKK Kota Kediri bersama tim ketika mengunjungi ibu hamil di Kelurahan Ngronggo. (Foto: Ist)

Usai melakukan kunjungan ke rumah ibu-ibu hamil di Kelurahan Banjaran kemarin, Ketua Tim PKK Kota Kediri Ferry Silviana Abu Bakar kembali melakukan kunjungan ke rumah ibu hamil Jelurahan Ngronggo dan Kelurahan Rejomulyo, Kota Kediri, Kamis  (10/1).

Menurut Bunda Fey, sapaan akrabnya, kegiatan ini merupakan kerja sama TP PKK Kota Kediri dengan Dinas Kesehatan yang rutin  dilaksanakan setiap tahun untuk menekan angka kematian ibu dan bayi.

Lebih lanjut, ibu tiga anak ini mengatakan ada beberapa faktor yang berpotensi menyebabkan ibu dan bayi meninggal. Selain akibat penyakit bawaan, ada pula yang disebabkan keterlambatan dibawa ke fasilitas kesehatan sehingga perlu kerja sama berbagai pihak.

"Dengan pendampingan sejak dini oleh berbagai pihak seperti bidan, anggota PKK, dan kader kesehatan diharapkan gejala-gejala yang timbul bisa dideteksi dini dan segera mendapat penanganan", ujarnya.

Lebih lanjut ketua TP PKK ini juga menjelaskan, para ibu hamil yang berisiko tinggi sudah di-screening untuk mengetahui apakah janin yang ada dalam kandungan terdapat kelainan atau tidak yang dilakukan bidan yang ada di wilayahnya.

“Ibu-ibu hamil yang kita kunjungi itu sudah di screening oleh bidan wilayahnya karena ibu-ibu tersebut memiliki risiko tinggi untuk kelahirannya nanti. Kami ke sini untuk memastikan saja bahwa ibu-ibu hamil ini kelahirannya sudah terencana jadi bisa meminimalisasi angka kematian ibu,” ujar Bunda Fey.

Turut hadir dalam kunjungan ini, Kepala Kelurahan Ngronggo Miftahur Rozak, Kepala Kelurahan Rejomulyo Syahroni, perwakilan Dinas Kesehatan, puskesmas beserta anggota TP PKK Kota Kediri.


Topik

Kesehatan kediri berita-kediri kunjungan-ke-rumah-ibu-hamil Tim-PKK-Kota-Kediri Dinas-Kesehatan-kota-kediri



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Bambang Setioko Kediri TIMES

Editor

Yunan Helmy