Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Jadwal SNMPTN 2019 Bergulir, Inilah Kampus-Kampus Incaran Siswa SMA

Penulis : Imarotul Izzah - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

04 - Jan - 2019, 19:06

Placeholder
Siswa SMAN 4 Malang (Foto: Imarotul Izzah/MalangTIMES)

Jadwal pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 mulai digulirkan. Mulai 4 Januari hingga 25 Januari 2019 ini, sekolah wajib melakukan pengisian dan verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

PDSS berisi rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswa dengan lengkap dan benar. PDSS merupakan basis data yang dijadikan sumber utama data SNMPTN oleh LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi).

Sedangkan pendaftaran SNMPTN dijadwalkan tanggal 4 Februari hingga 14 Februari 2019 nanti. Hasil seleksi diumumkan 23 Maret 2019.

Untuk diketahui, SNMPTN 2019 memang diselenggarakan oleh LTMPT. LTMPT adalah lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi bagi calon mahasiswa baru, lembaga ini berada di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Pada tahun 2019 ini, Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang disediakan berjumlah 85 PTN. Dari 85 PTN tersebut, setidaknya ada beberapa PTN yang menjadi pilihan utama bagi siswa di Kota Malang. Kepala Bagian Akademik SMAN 3 Malang Budi Nurani menyatakan bahwa PTN di wilayah Malang yang menjadi favorit bagi siswa-siswi adalah Universitas Brawijaya (UB).

"Kalau peringkat paling tinggi UB. Posisi kedua ITB, ada sekitar 17 orang. UGM ada 15 orang," ujar Budi saat ditemui di SMA 3 Malang tadi (4/1).

Menurut Budi, dari 67 siswa yang lolos SNMPTN, setidaknya ada 23 orang yang masuk di UB, sementara sisanya tersebar di universitas lain.

Mengenai jurusan yang paling diminati oleh para siswa, Budi menyampaikan bahwa saat ini jurusan eksakta masih menjadi primadona.

"Apalagi jurusan kedokteran, banyak sekali siswa kita yang memilihnya," tambahnya

Tak jauh berbeda dengan SMAN 3 Malang, kebanyakan siswa SMAN 1 Malang juga memilih UB sebagai kampus favorit di Malang. Bagian Kemahasiswaan SMAN 1 Malang, Teguh Prasetyo Aji mengungkapkan, jumlah siswa yang mendaftar di UB periode sebelumnya rata-rata 40 hingga 50 anak.

"Kampus yang sering dipilih oleh anak-anak kalau di Malang itu UB. Tapi kalau jurusannya beragam," ujar Aji.

Sedangkan posisi kampus favorit kedua siswa diduduki oleh Universitas Airlangga (UNAIR) dan ketiga diduduki oleh Universitas Teknologi Surabaya (ITS). "Sama STAN dan kemiliteran," imbuh Aji.

Untuk diketahui, SMAN 1 sendiri tidak mengarahkan siswa untuk memasuki kampus-kampus tersebut. Aji menyatakan, siswa diarahkan untuk memasuki kampus yang mendukung bakat dan minat anak.

"Kita gak memaksa siswa mau memilih prodi dan universitas mainstream. Tapi kita memberikan saran agar mereka masuk di PTN yang sesuai dengan passion mereka," ujar Aji.

Untuk mengusahakan ini, SMAN 1 melakukan sinergi dengan Bimbingan Konseling (BK) dan wali murid.

"Jadi membuka pikiran orang tua agar tidak zaman dulu banget," imbuh Aji.

 


Topik

Pendidikan berita-malang Jadwal-SNMPTN- Kampus-Kampus- Incaran-Siswa-SMA



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Imarotul Izzah

Editor

Sri Kurnia Mahiruni