Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso saat membuka Musyawarah Cabang (Muscab) IV Gerakan Pramuka Kota Batu, hari ini (27/12/2018) di Balai Kota Among Tani. (Foto: Humas Pemkot Batu)

Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso saat membuka Musyawarah Cabang (Muscab) IV Gerakan Pramuka Kota Batu, hari ini (27/12/2018) di Balai Kota Among Tani. (Foto: Humas Pemkot Batu)



Keberadaan Pramuka diharapkan lebih berkontribusi dalam pengembangan pariwisata di Kota Wisata Batu. Ke depan, Pemerintah Kota (Pemkot) Batu berharap Pramuka akan juga mengambil posisi dalam pengelolaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). 

Hal tersebut disampaikan Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso saat membuka Musyawarah Cabang (Muscab) IV Gerakan Pramuka Kota Batu, hari ini (27/12/2018) di Balai Kota Among Tani. "Saya harapkan, nanti pramuka bisa bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk bisa turut serta mengelola UMKM, mengingat kunjungan wisata semakin banyak," ujarnya. 

Pria yang juga menjadi Majelis Pembimbing Kwarcab Batu itu pun mengarahkan agar program-program kepramukaan mulai tingkat sekolah lebih diarahkan untuk bersentuhan langsung dengan masyarakat. "Saya mengharapkan, siapa pun yang menjadi ketua Kwarcab Kota Batu, tetap menjalin komunikasi dengan Pemerintah Kota Batu," tegas Kak Punjul.

Dalam kegiatan tersebut, hadir juga Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu Eny Rachyuningsih, serta pengurus gerakan pramuka se-Kota Batu. Sekretaris Kwarcab Kota Batu, Siswanto mengungkapkan bahwa tujuan kegiatan ini adalah memberikan laporan rencana kerja yang akan dilaksanakan Kwarcab Kota Batu. 

Selain itu, juga dalam rangka pemilihan ketua Kwarcab periode 2019 - 2023 dan menyusun rencana kerja ke depan. "Muscab ini sebagai bukti bahwa Pramuka Kota Batu masih eksis. Apalagi, Pramuka adalah penanaman karakter generasi muda Indonesia," tuturnya. 

Ketua Harian Kwarda Jatim, Purmadi menambahkan, ketrampilan yang dibimbing oleh kakak pembina, akan menjadi embrio kepada generasi penerus gerakan pramuka Kota Batu di masa mendatang. "Saya perhatikan di Kota Batu, banyak sekali inovasi dari gerakan pramuka Kota Batu yang sudah dilakukan," ungkap Kak Purmadi. 


End of content

No more pages to load