Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Sidak Harga Komoditas Pangan, Harga Ayam Masih Fluktuatif

Penulis : Bambang Setioko Kediri TIMES - Editor : A Yahya

20 - Dec - 2018, 16:16

Placeholder
Sidak Pasar. (Foto: Istimewa)

Kapolres Kediri AKBP Roni Faisal S.I.K bersama Tim Satgas Pangan Pemerintah Kabupaten Kediri melakukan sidak di beberapa pasar, Kamis (20/12/2018). Sidak tersebut dilakukan untuk mengecek harga kebutuhan bahan pokok di pasar dan kesediaan bahan baku menjelang perayaan natal dan tahun baru. Dari berbagai komoditas, harga telur ayam masih mengalami fluktuatif.

Kali ini sidak dilakukan di Pasar Pamenang, Kecamatan Pare. Tim gabungan langsung mengecek setiap komoditas yang menjadi sasaran utama. Komoditas tersebut diantaranya daging sapi, daging ayam, beras, telur ayam, bawang merah dan cabai. “Sidak ini kita lakukan untuk melakukan pengecekan pengontrolan stok pangan dan harga di pasaran,” ungkap AKBP Roni kepada awak media.

Dalam sidak tersebut diketahui harga ayam dalam minggu ini paling mengalami perubahan. Harga terus mengalami kenaikan dan penurunan setiap harinya. Pada saat sidak, harga ayam potong mencapai Rp 25.000 perkilogram. Sementara harga daging sapi tetap stabil di harga Rp 100.000 per kilogram.

Tutik Purwaningsing, Kepala Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kediri mengatakan kenaikan harga daging ayam ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya harga pakan ternak.

Kenaikan harga pakan ternak membuat para peternak ayam menaikan harga jualnya untuk menutupi kebutuhan. Mereka juga harus terpaksa menurunkan harga ketika jumlah permintaan menurun. “Permintaan pembeli ini juga sangat mempengeruhi harga jual. Ketika permintaan menurun sementara stok berlimpah, mereka akan menurunkan harga jual agar stok terjual,” ungkap Tutik.

Setelah melakukan sidak di pasar pamenang tim Satgas Panganpun juga melakukan pengecekan di Pasar Induk Pare. Petugas memantau kesediaan stok dan harga sayuran, cabai dan bawang. Dalam satu pekan ini harga cabai dan bawang merah masih stabil. Begitu juga dengan harga sayuran seperti tomat, wortel dan kentang.

"Kesediaan stok masih aman sampai pergantian tahun. Untuk harga kebutuhan sedikit mengalami naik turun seperti harga daging ayam dan bawang merah, sementara telur masih naik turun. Kemarin sempat turun namun tadi naik lagi," ujar Tutik.


Topik

Ekonomi kediri berita-kediri Kapolres-Kediri-AKBP Harga-Komoditas-Pangan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Bambang Setioko Kediri TIMES

Editor

A Yahya