Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, Wakil Wali Kota Batu bersama para veteran saat meninjau di dalam rumah veteran di Jl Sultan Hasan Halim, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kamis (13/12/2018). (Foto; Irsya Richa/MalangTIMES)
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, Wakil Wali Kota Batu bersama para veteran saat meninjau di dalam rumah veteran di Jl Sultan Hasan Halim, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kamis (13/12/2018). (Foto; Irsya Richa/MalangTIMES)

Sebanyakn 8 rumah veteran dari 24 unit yang diprogramkan pembangunannya akhirnya diresmikan oleh Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, Kamis (13/12/2018). Rumah yang berstatus pinjam pakai itu kini sudah bisa dimanfaatkan oleh para veteran di Kota Batu.

Totalnya ada 8 unit rumah yang terletak di Jl Sultan Hasan Halim, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu. Peresmian dilakukan Dewanti yang sekaligus meninjau isi dari rumah. Di antaranya ruang keluarga, ruang tamu, 2 kamar tidur, dan ruang dapur. 

Pelaksana Tugas (plt) Kepala Dinas Sosial Kota Batu Bambang Kuncoro mengatakan, saat ini sebagian veteran yang ada di Kota Batu masih menumpang atau menyewa tempat tinggal. “Penyediaan rumah tinggal ini digagas oleh mantan Wali Kota Batu Eddy Rumpoko  sebagai penghormatan kepada para pejuang agar segera disediakan tempat tinggal yang layak,” ujar Bambang.

Selain bentuk penghormatan dan penghargaan  juga sebagai upaya perlidungan sosial bagi Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) di Kota Batu. Agar para anggota bisa memenuhi kebutuhan dasar secara layak dan nyaman.

Untuk 8 unit rinciannya yang berada di area pinggir memiliki luas tanah 103 meter persegi. Sedangkan yang ada di tengah luas tanah 98 meter persegi. Sedangkan untuk luas bangungan 54 meter persegi. Dengan anggaran yang keluarkan Rp 4,2 miliar terdapat ruang tamu, ruang keluarga, ruang dapur, dan kamar mandi.

Hanya saja untuk saat ini fasilitas yang belum dilengkapi yakni pagar pengaman. Lalu akses jalan yang lebih dekat dan jalan lebih lebar. “Karena memang akses jalan itu masih menggunakan tanah warga, semoga ke depan Pemkot Batu bisa membebaskan tanah dan membangun akses jalan yang dekat,

Fasilitas belum adanya pagar pengaman, akses jalan yang dekat jalan yang ada sempit dan jauh. Tanah yang ada di atas dibebaskan agat dekat. 

Sementara itu Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menambahkan agar para veteran yang menempati rumah tersebut bisa menjaga dengan baik. “Ketika ada kebocoran segera dilaporkan saja kepada Dinas Sosial Kota Batu supaya segera dibenahi,” ujar Dewanti.

Selain itu ia juga meminta agar fasilitas pagar, hingga akses jalan masuk diperpendek supaya segera dilakukan. “Yang jadi kekurangan itu supaya segera diwujudkan agar mereka yang tinggal di sini dengan nyaman,” tambahnya. 

Menurutnya adanya rumah veteran khusus ini agar di hari-hari tua pata veteran itu bisa hidup dengan layak. “Fasilitas bagus, kesehatannya terjaga. dan ini wujud terima kasih Pemkot Batu kepada veteran,” jelas politisi PDIP ini. 

Hanya saat untuk kekurangan 16 unit rumah yang belum terbangun itu lanjut Dewanti, masih belum diketahui kapan akan dilanjutkan.