Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Dinkes Kota Malang Seriusi Pemberian ASI Eksklusif dan Enyahkan Asap Rokok

Penulis : Imarotul Izzah - Editor : A Yahya

27 - Nov - 2018, 20:26

Placeholder
Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinas Kesehatan Kota Malang Meifta Eti Winindar, S.ST, MM. (Foto: Imarotul Izzah/Malang Times)

Seperti yang diketahui, konsep dalam Germas (Gerakan Masyarakat untuk Hidup Sehat) tahun ini yang utama adalah olahraga minimal 30 menit dalam sehari, makan sayur dan buah, serta cek kesehatan secara periodik.

Namun perlu diketahui bahwa terdapat dua konsep yang lain yakni pemberian ASI (Air Susu Ibu) secara eksklusif dan mengenyahkan asap rokok. Hal ini dinyatakan oleh Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinas Kesehatan Kota Malang Meifta Eti Winindar, S.ST, MM.

"Konsepnya ada 5. Ada germas untuk yang HKN (Hari Kesehatan Nasional) di tahun ini, yaitu yang pertama adalah aktivitas fisik, kemudian biasakan masak makan sayur dan buah, cek kesehatan secara berkala, diberikan ASI eksklusif, dan enyahkan asap rokok," paparnya.

Menurut Miefta, itu adalah rangkaian dari gerakan masyarakat sehat dalam rangka HKN Kota Malang ke-54. Temanya yakni Mari Hidup Sehat, Hidup Sehat Diawali dari Kita. "Kali ini HKN ke-54 kita mengambil tema mari hidup sehat, hidup sehat diawali dari kita," kata dia.

Mengenai asap rokok, kini Dinkes sedang menggalakkan sosialisasi Perda Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Perda ini diberlakukan 16 Januari 2018 lalu. 

Mengenai ASI eksklusif, berbagai puskesmas sedang melakukan program KS sembari memberi edukasi mengenai itu. Bahwa, ASI eksklusif memang yang terbaik untuk bayi. Sebab, ia mengandung zat gizi dan berbagai zat kekebalan tubuh yang dibutuhkan bayi. ASI eksklusif juga melindungi bayi dari penyakit seperti diare, sakit telinga, infeksi saluran pernapasan, dan alergi.

ASI eksklusif juga mudah diserap oleh tubuh bayi dan meningkatkan kecerdasan. Selain itu, menunjang tumbuh kembang yang optimal, mencegah terjadinya anemia, membantu menunda kehamilan. Serta, praktis, ekonomis, higienis, dan selalu tersedia dengan suhu yang tepat.


Topik

Kesehatan berita-malang Germas Dinas-Kesehatan-Kota-Malang Pemberian-ASI-Eksklusif Dinkes-Kota-Malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Imarotul Izzah

Editor

A Yahya