Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Hama Trip Menyerang, Hortensia Tak Seindah Biasanya

Penulis : Irsya Richa - Editor : A Yahya

27 - Nov - 2018, 20:10

Placeholder
Bunga hortensia yang terkena hama trip di Desa Bukerto Kecamatan Bumiaji Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Bunga Hortensia terkenal dengan bunga panca warna, memiliki keindahan akan warna-warninya. Tapi dibalik itu ada hama yang bisa membuat warna bunga ini tidak indah kembali. 

Seperti halnya bunga hortensia yang ditanam di pekarangan Desa Bukerto Kecamatan Bumiaji Kota Batu Di sana banyak bunga-bunga hortensia yang bunganya mulai menguning bahkan hingga berwarna kecokelatan.

Bunga-bunga itu berubah warna luntur karena ancaman hama trips. Hama trips ini menimbulkan bercak kekuningan hingga kecoklatan pada daun. 

Hama itu sudah jelas menyerang, sehingga pertumbuhan bunga hortensia terganggu. Ketika hama dibiarkan, daun akan mengering dan mati. “Selain bunga menguning hingga menjadi cokelat. Bunga pun tidak bisa mekar dan ukuran bunga tidak bisa berkembang,” ujar Juri, seorang petani hortensia

Hama trips menyerang tanaman lanjut Juri, dengan menghisap daun. Yang paling disukai adalah daun muda.  Lalu langkah yang dicoba untuk membasmi hama trips ini dengan cara kimiawi. Biasanya dilakukan penyemprotan insektisida.

Untuk penyemprotannya dilakukan sekali dalam satu minggu. Meski tidak bisa memusnahkan seluruhnya, setidaknya bisa menghambat perkembangbiakan hama tersebut. "Kalau memusnahkan menyeluruh susah juga. Tapi setidaknya kalau rutin nyemprot, serangan tidak parah," ungkapnya Selasa (27/11/2018).

Serangan hama itu cukup menghawatirkan, karena permintaan bunga hortensia untuk bunga potong terus meningkat, utamanya untuk acara pernikahan. Bunga panca warna ini juga dikirim ke beberapa daerah. Namun jika serangan hama tidak bisa diatasi, terjadi penurunan produksi mencapai 50 persen. "Karena terkena hama ini  biasanya kami hanya bisa memanen 50 persen dari hasil biasanya," imbuhnya.


Topik

Ekonomi berita-batu Bunga-Hortensia Hama-Trip-Menyerang Desa-Bukerto



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

A Yahya