Pramuka DKC Blitar saat gelar rapat
Pramuka DKC Blitar saat gelar rapat

Pramuka Penegak Pandega merupakan golongan Pramuka yang berusia 16 – 25 tahun. Golongan usia ini merupakan usia produktif yang memiliki potensi yang besar. Semangat besar ini yang tidak disia-siakan oleh Dewan Kerja Cabang (DKC) Blitar sebagai pengelola kegiatan penegak pandega di tingkat kabupaten.

Sebagai wujud menyalurkan potensi ke bidang positif dan juga sinergitas dengan Pemerintah Kabupaten Blitar, maka DKC Blitar akan menggelar Perkemahan Wirakarya (PW) Cabang Blitar 2018 pada 14-16 Desember 2018 di Bumi Wisata Urung-urung Desa Sukosewu Kecamatan, Gandusari, Kabupaten Blitar.

Perkemahan Wirakarya merupakan saranan implementasi dari janji dalam Gerakan Pramuka. Seperti diketahui bersama seorang anggota Gerakan Pramuka memiliki janji atau biasa disebut “satya”. Dalam golongan penegak pandega pada Satya poin kedua dibunyikan “Menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat”. Oleh karenanya kegiatan PW kental nuansanya dengan bhakti masyarakat, integrasi Pramuka dengan masyarakat serta implemantasi ilmu yang telah diperoleh langsung di tengah-tengah masyarakat. Tujuan akhir adalah Pramuka siap menjadi kader pembagunan bangsa yang ikut serta membangun masyarakat.

Demikian pula di Kabupaten Blitar dirasa perlu adanya Perkemahan Wirakarya Cabang untuk mencapai tujuan-tujuan baik tersebut. Selain itu DKC Blitar merasa pentingnya sinergitas dengan pemerintah daerah karena hakikatnya Gerakan Pramuka adalah anak kandung pemerintah.

“Kami tahun ini punya program perkemahan , tapi masih bingung buat kemah yang semacam apa, ingin buat yang antimainstream. Hasil konsultasi dengan Pemerintah Kabupaten Blitar dalam hal ini Dinas Kesehatan, dapat hasil kami punya peluang mendharmabhaktikan tenaga dan pikiran kami untuk bangun sarana Mandi Cuci Kakus (MCK),” ucap Ketua DKC Blitar, Suwarno kepada BLITARTIMES, Senin (26/11/2018).

Lebih lanjut disampaikan orang nomor satu di Penegak Pandega Kabupaten Blitar ini, walaupun sederhana dan kemampuan terbatas, pihaknya ingin Pramuka Blitar punya kontribusi dalam pembangunan Kabupaten Blitar. “Kami ingin ikut andil dalam usaha Pemerintah Kabupaten Blitar mewujudkan Kabupaten Sehat Swastisaba Wistara,” tegas dia.

Hal senada juga disampaikan Alfian Fatkhul selaku ketua Sangga Kerja kegiatan. Menurutnya kegiatan ini merupakan komitmen Pramuka untuk ikut serta membangun masyarakat. “Kegiatan akan kami laksanakan di Dusun Sukoreno, Desa Sukosewu, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. Menurut data di sana membutuhkan. Kami datang membawa solusi walaupun kecil kuantitasnya,” pungkasnya.

Sedianya kegiatan ini akan diikuti oleh 120 orang Pramuka Penegak Pandega Se-Kabupaten Blitar. Dan akan dirangkai pula dengan bermacam kegiatan lain, mulai dari penyuluhan, pembangunan pagar, bhakti tempat wisata, reboisasi, dll. Saat ini pendaftaran peserta telah dibuka secara online melalui laman www.dkcblitar.co.id. Selain itu DKC Blitar juga membuka kesempatan masyarakat luas untuk ikut berpartisaspi berdonasi melalui laman http://kitabis.com/pwblitar2018 .(*)