Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Ratusan Siswa SMAN 1 Gondanglegi Demo, Anggap Kasek Arogan dan Intimidatif

Penulis : Dede Nana - Editor : Yunan Helmy

21 - Nov - 2018, 10:51

Placeholder
Aksi unjuk rasa ratusan siswa SMAN 1 Gondanglegi. Mereka memprotes kesewenang-wenangan kasek, Rabu (21/11/2018) di halaman sekolah. (Nana)

Ada yang berbeda di SMAN 1 Gondanglegi. Jika biasanya ratusan siswa setiap pagi masuk sekolah dan bersiap mengikuti proses belajar, Rabu (21/11/2018) pagi ratusan siswa tersebut malah berkumpul di halaman sekolah untuk melakukan aksi unjuk rasa. 

Aksi tersebut meneriakkan kekecewaan ratusan siswa SMAN 1 Gondanglegi terhadap sikap dan kebijakan Kepala Sekolah (Kasek) Lilik Wahyuni. Mereka menganggap kasek arogan dan intimidatif terhadap siswa selama ini. 

Ada sekitar 13 tuntutan yang mengerucut dalam aksi damai ratusan siswa SMAN 1 Gondanglegi tersebut. Yakni pada sikap dan tindakan kasek yang telah membuat proses belajar mengajar dan harmonisasi sekolah terpecah belah. Eksesnya, di tubuh SMAN 1 Gondanglegi terdapat dua kubu yang membuat kinerja dan proses belajar mengajar terganggu. 

Wildan Faris, salah satu siswa SMAN 1 Gondanglegi, membenarkan kondisi tersebut. Dirinya menyatakan hal tersebut telah menjadi rahasia umum di sekolah. "Ini memang terjadi dan kami sebagai siswa yang dirugikan. Adanya kubu-kubu pengajar di sekolah juga membuat dampak terhadap aktivitas belajar kami," kata Wildan, Rabu (21/11/2018). 

Bukan hanya adanya kubu-kubu pengajar. Menurut beberapa siswa lainnya yang ikut berunjuk rasa, persoalan lainnya terkait sikap kasek SMAN 1 Gondanglegi yang terbilang kebablasan. Dari tuntutan ratusan siswa tercantum mengenai adanya pembungkaman hak berpendapat siswa oleh Lilik dan wakil kasek baru serta ancaman untuk memerkarakan para siswa ke polisi. 

Selain itu, menurut beberapa siswa lain yang tergabung dalam OSIS SMAN 1 Gondanglegi, beberapa guru yang berpihak di kubu kasek dan wakil kasek baru yang diangkat Lilik juga melakukan intimidasi terhadap siswa. Yakni siswa diminta untuk mengakui ikut tanda tangan surat permohonan pergantian kasek dan mengancam akan mem-blacklist nama-nama siswa dari dapodik, universitas, sampai dalam mencari kerja. 

"Kasek melakukan kesewenang-wenangan juga dalam melakukan pergantian 4 wakasek secara mendadak. Selain itu, tidak ada transparansi biaya bimbingan belajar kelas XII.  Awalnya dijanjikan 6 mata pelajaran, namun realitanya siswa hanya mendapat 3 mata pelajaran dan bahkan sering diliburkan," ujar salah satu pengurus OSIS yang tidak berkenan disebut namanya. 

Dirinya juga mengatakan,  sebelum dilaksanakan aksi unjuk rasa tersebut, beberapa siswa juga mendapatkan intimidasi dari pihak sekolah. "Tuntutan kami lebih pada bagaimana kasek bisa lebih bijaksana dan tidak semaunya sendiri sehingga membuat harmonisasi guru terbelah dan proses belajar terganggu," ujarnya.

 Dia  juga menegaskan, para siswa  mengancam akan melakukan aksi mogok belajar selama seminggu ke depan jika tuntutan mereka tidak diakomodasi.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Kepala SMAN 1 Gondanglegi Bidang Kurikulum yang baru Fadilah Zamzam mengatakan, pihak sekolah merasa kecolongan dengan adanya aksi ratusan siswa tersebut.  Pasalnya, isu yang berkembang awalnya mengenai persoalan uang iuran para siswa untuk kegiatan ulang tahun SMAN 1 Gondanglegi sebesar Rp 30 ribu-35 ribu per siswa. Ternyata,  di dalam aksi unjuk rasa hari ini, yang diangkat adalah tuntutan pergantian kasek. 

"Jadi, saya curiga dalam aksi ini ditunggangi oleh kelompok-kelompok yang ada di SMAN ini sendiri, " tandas Fadilah yang mewakili Kasek Lilik yang menurut keterangannya sedang berada di Jakarta hari ini. 

Lantas, apa saja sebenarnya tuntutan ratusan siswa terhadap kasek dan wakasek baru SMAN 1 Gondanglegi tersebut? MalangTIMES menyadur dari lembaran tuntutan ratusan siswa tersebut seperti yang beredar di grup WA,  sebagai berikut. 

Tuntutan ratusan siswa SMAN 1 Gondanglegi

Topik

Pendidikan Siswa-SMAN-1-Gondanglegi Demo SMAN-1 Kepala-Sekolah Lilik-Wahyuni Intimidasi-Kasek



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Dede Nana

Editor

Yunan Helmy