Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Bahas Narkoba, Bakesbangpol Trenggalek Study Banding ke Jember

Penulis : Moh. Ali Mahrus - Editor : A Yahya

13 - Nov - 2018, 18:24

Placeholder
Kepala Bakesbangpol Trenggalek bersama dengan Asisten Pemerintahan Pemkab Jember saat bertukar cindera mata (foto : istimewa / Jatim TIMES)

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Peemerintah Kabupaten Trenggalek, Kamis (13/11/2018) melakukan studi banding di Kabupaten Jember, terkait dengan penerbitan peraturan bupati tentang penanganan narkotika.

Kunjungan rombongan Bakesbangpol Trenggalek diterima oleh Asisten Pemerintahan Drs. Hadi Mulyono, M.Si. yang didampingi pejabat dari Dinas Kesehatan, Satpol PP, Dispora, Bakesbangpol, dan Bagian Hukum Pemkab Jember, di ruang rapat aula kantor bawah Pemkab Jember, dalam pertemuan tersebut, kedua kabupaten membahas tentang peraturan bupati yang mengatur tentang pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan, dan peredaran gelap narkoba.

Hadi Mulyono menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Jember berterima kasih kepada Kabupaten Trenggalek, karena telah memberikan kepercayaan atas dijadikannya Jember sebagai salah satu obyek studi banding.

"Apalagi maksud dan tujuannya terkait pencegahan narkoba, jadi teladan kita semua, termasuk Kabupaten Jember, sehingga dalam forum silaturrahmi ini sama-sama mendapatkan masukan apa yang baik di Kabupaten Jember," ujarnya.

Dalam kunjungan tersebut dijelaskan Kabupaten Trenggalek sudah memiliki perdanya, sedangkan di Jember belum ada. Sementara itu pula di Kabupaten Trenggalek belum ada Perbup dan di Jember sudah ada Perbup.

Hal itu yang membuat pertemuan menjadi sangat positif, karena dapat saling membawa manfaat, khususnya dalam memerangi sekaligus memberantas narkoba.

Hadi menjelaskan, di Jember sudah ada Perbup terakait dengan pencegahan dan pemberantasan narkoba. Perbup itu juga sudah ditindak lanjuti dengan SK Bupati tentang tim pelaksana, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Sehingga, lanjut Hadi, setelah terbentuknya tim itu, tentunya ada langkah-langkah konkrit. "Memang belum satu badan, tetapi bentuk kegiatan ini dari semua unsur baik itu dari lingkup OPD Pemkab sendiri maupun OPD eksternal dari Kepolisian ataupun TNI sudah termasuk, sehingga dalam pelaksanaan selama ini sudah berjalan," jlentrehnya.

Kegiatan-kegiatan tersebut terbungkus dalam beberapa kegiatan, mulai dari Dispora yang melakukan pencegahan melalui sosialisasi di seluruh siswa SMA di Kabupaten Jember. Bakesbangpol dngan Kegiatan Satu Sekolah Satu TNI, dengan memberikan materi terakait dengan pencegahan narkoba.

Dalam forum-forum kegiatan itu tidak hanya penyuluhan dari narasumber. Di dalamnya juga diisi dengan pengakuan dari mantan pecandu narkoba agar tidak ditiru oleh generasi muda.

Kepala Bakesbangpol Trenggalek Drs. Widarsono, M.M. menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Trenggalek bisa mengadopsi hal-hal baik dalam perbup yang dimiliki Jember untuk diterapkan dalam proses pembuatan perbup di Trenggalek.

Widarsono menjelaskan, Trenggalek sudah punya Perda tentang Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dan Jember telah memiiki perbup terkait hal ini.

"Jadi ini kita padukan. Kita bisa saling menutupi kekurangan-kekurangan, yang semuanya kembali kepada kepentingan dan kepedulian kepada masyarakat,"

Mengenai Perbup di Jember, Widarsono berpendapat, melihat baik Perbup di Jember, dan memang perlu banyak diaplikasikan  di Trenggalek. "Nanti akan kami aplikasikn di Kabupaten Trenggalek," ungkapnya. (*)


Topik

Peristiwa Badan-Kesatuan-Bangsa-dan-Politik-Peemerintah-Kabupaten-Trenggalek studi-banding penanganan-narkotika Dinas-Kesehatan P4GN



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Moh. Ali Mahrus

Editor

A Yahya