6 kendaraan bermotor beserta para pelaku curanmor saat giat pers rilis di Mapolres Jombang. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)
6 kendaraan bermotor beserta para pelaku curanmor saat giat pers rilis di Mapolres Jombang. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)

Anggota Polres Jombang berhasil mengamankan 6 unit kendaraan bermotor roda dua, hasil tindak pidana pencurian bermotor (curanmor). Enam kendaraan bermotor itu, sekarang menjadi barang bukti di Mapolres Jombang ini. Barang bukti tersebut merupakan hasil pencurian yang dilakukan oleh Khori Nuryanto (22) dan Joko Solikin (21), keduanya  warga Desa Mayangan, Kecamatan Jogoroto, serta M Farid (24), warga Desa ngudirejo, Kecamatan Diwek, dan juga M Saifudin (23), warga Desa Pandanwangi, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang.

"Kami berhasil menangkap 4 orang pelaku. 2 orang kita amankan sebagai penadah. Jadi dari 6 pelaku ini, kami berhasil mengamankan 6 sepeda motor," beber Kapolres Jombang, AKBP Fadli Widiyanto saat pers rilis di Mapolres Jombang, Selasa (13/11). 

Lebih lanjut, Fadli menerangkan, para tersangka ini diamankan pihak kepolisian setelah melakukan aksi pencurian kendaraan bermotor di wilayah Jl Gubernur Suryo, Kecamatan/Kabupaten Jombang, pada Minggu (11/11) sekitar pukul 20.00 WIB. "Para pelaku ini tidak menggunakan kunci T. Mereka  mengincar kendaraan-kendaraan yang tidak dikunci stang. Nah, oleh pelaku ini dimanfaatkan, kemudian didorong dan kemudian dicopot bagian kabel lalu dinyalakan," beber dia. 

Fadli juga mengungkapkan, bahwa hasil pencurian tersebut dijual oleh para pelaku dengan harga Rp 1 juta ke penadah. "Dijual di Jombang saja, ke sesama teman. Ada yang dijual ke penadah yang juga sudah kita amankan 2 orang. Tadi ini dijual Rp 1 juta," tandasnya. 

Atas perbuatan yang dilakukan oleh para pelaku tersebut, para tersangka terancam hukuman 5 tahun penjara sebagaimana Pasal 363 KUHP.