Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Bukan Karena Melanggar, Ratusan Pengendara Dihentikan Polisi, Ada Apa?

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : A Yahya

10 - Nov - 2018, 20:05

Placeholder
Anggota polisi Satlantas Polres Malang saat menghentikan laju kendaraan ketika mengheningkan cipta kepada para pengguna jalan di simpang empat Kepanjen, Kabupaten Malang (Foto : Satlantas Polres Malang for MalangTIMES)

Bertepatan dengan hari pahlawan yang diperingati setiap 10 November, seluruh masyarakat Indonesia, nampak antusias mengenang jasa para pahlawannya. Termasuk seperti yang dilakukan puluhan personel Satlantas Polres Malang. Di peringatan hari pahlawan ini selalu diselipkan agenda mengheningkan cipta saat upacara.

Prosesi mengheningkan cipta itu tidak hanya pada saat upacara. Para pengguna jalan juga diajak serta mengheningkan cipta. Caranya, mereka diminta berhenti sejenak.

“Pengguna jalan memang sengaja kami berhentikan, bukan untuk operasi tilang. Melainkan untuk mengheningkan cipta guna mengingat jasa para pahlawan kita,” kata KBO Satlantas Polres Malang Iptu Edi Purnama kepada MalangTIMES, Sabtu (10/11/2018).

Edi menjelaskan, pada kegiatan kali ini, personel dikerahkan untuk menghentikan laju kendaraan sekitar 1 menit. Di saat bersamaan, sirine dari sepeda motor dan mobil milik Satlantas dibunyikan. Kemudian, ratusan pengendara dan petugas kepolisian, nampak hikmat saat mengheningkan cipta di bawah lantunan nada sirine. “Sedikitnya ada 20 personel Satlantas Polres Malang yang kami kerahkan,” imbuh Edi.

Sebanyak 20 personel tersebut, sebagian diantaranya mengenakan seragam lengkap dinas kepolisian. Mulai dari seragam, hingga berbagai atribut nampak melekat di tubuh petugas kepolisian. Tidak hanya itu, sebagian dari anggota juga terlihat mengenakan berbagai pakaian adat pada agenda tersebut. “Ini adalah bentuk upaya kami untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme kepada masyarakat, sepanjang kegiatan para pengguna jalan juga terlihat antusias saat berpartisipasi pada acara kali ini,” tutup Edi.


Topik

Peristiwa hari-pahlawan 10-November antusias-mengenang-jasa-para-pahlawan KBO-Satlantas-Polres-Malang Iptu-Edi-Purnama



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

A Yahya