Yudisium yang digelar di Kampus I Unisba Blitar.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
Yudisium yang digelar di Kampus I Unisba Blitar.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar menggelar yudisium bagi mahasiswa lulusan angkatan Tahun 2017/2018, di Kampus I Unisba, Jalan Mojopahit, Kota Blitar, Sabtu (10/11/2018).

Peserta yang mengikuti prosesi yudisium sebanyak 425 orang dari 8 fakultas. Masing-masing Fakultas Teknik 18 orang,  Fakultas Pertanian 26 orang, Fakultas Peternakan 31 orang,Fakultas Teknologi Informasi 50 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 87 orang, Fakultas Ekonomi 137 orang, Fakultas Hukum 20 orang dan FKIP 56 orang.

Wakil Rektor I Unisba Blitar, Dr.H.Supriyono, ME.d, mengatakan yudisium ini merupakan acara tradisi akademik yang didasarkan atas Keputusan Rektor Unisba Blitar No.79/SK/UNISBA.1/VIII/2018. Acara ini rutin digelar setiap tahun oleh Unisba Blitar menjelang wisuda.

Ditegaskan, mahasiswa yang mengikuti yudisium sebentar lagi akan diwisuda dan menjadi alumni. Mereka diharapakan untuk senantiasa menjaga dan ingat almamater. Serta menjunjung tinggi etika profesi yang telah diamanahkan. Dia juga mengingatkan supaya tidak terjerumus pada hal-hal negatif yang banyak berkembang dalam profesi saat ini.

“Kami berharap pala lulusan bisa memberikan yang terbaik, tidak hanya bisa lulus, melainkan bisa memposisikan diri dalam mengaplikasikan ilmunya di tengah masyarakat," ucap Supriyono.

Sementara Rektor Unisba Blitar, Drs.Soebiantoro, MS.i, dalam sambutannya mengingatkan lulusan Unisba Blitar harus memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keleluasaan ilmu dan kematangan profesional. “Lulusan Unisba Blitar juga harus bisa mengamalkan ilmu dan memberikan keteladanan hidup berdasarkan ajaran Islam dan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia, yakni Pancasila,” kata Rektor.

Lulusan Unisba, sambung Rektor, juga harus mampu berkompetisi menghadapi persaingan global. Guna mengepakkan kiprah dalam menjadikan Indonesia yang madani, maju dan bersaing di kancah dunia.

“Ini harapan lembaga kepada para alumni. Karena kita (Unisba) merupakan tempatnya kawah candradimuka. Unisba Blitar sebagai perguruan tinggi unggul ingin mencetak kader-kader bangsa. Kita ingin lulusan memiliki mimpi yang besar,” tandasnya.

Dalam kesempatan ini, mantan Sekda Pemkab Blitar juga berharap agar lulusan Unisba selain memiliki intelektual tinggi juga memiliki kreatifitas dan jiwa kewirausahaan.

“Sarjana lulusan Unisba Blitar jangan hanya pintar. Tapi juga mampu memanfaatkan ilmu untuk kemaslahatan umat. Serta menghasilkan manfaat ekonomis untuk kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Di acara yudisium ini Unisba Blitar juga mengumumkan 8 mahasiswa lulusan terbaik. Masing-masing Supriadi dari Fakultas Teknik dengan IPK 3,34, Ilma Kamila Pangastuti dari Fakultas Pertanian dengan IPK 3,86, Cipto Widarto dari Fakultas Peternakan IPK 3,63, Wahyu Suzi Saputri dari Fakultas Teknologi Informasi IPK 3,62, Isnani Binti Badriyah dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik IPK 3,77, Fendi Hendrawan dari Fakultas Hukum IPK 3,77, Inggrid Olvia Purna Naomi dari FKIP IPK 3,77, dan Mochammad Anis dari Fakultas Ekonomi dengan IPK 3,86.

Selanjutnya mahasiswa yang mengikuti Yudisium ini akan mengikuti wisuda pada tanggal 15 Desember 2018. Para lulusan diharapkan dapat mengikuti acara wisuda dengan tertib dan mengikuti aturan. (*)