Kanit Dikyasa Satlantas Polres Banyuwangi, Iptu Datik, berkeliling dengan sepeda motor sambil menyosialisasikan pesan keselamatan berlalu lintas
Kanit Dikyasa Satlantas Polres Banyuwangi, Iptu Datik, berkeliling dengan sepeda motor sambil menyosialisasikan pesan keselamatan berlalu lintas

Semangat Iptu Datik melakukan sosialisasi keselamatan berlalu lintas patut diacungi jempol. Polwan yang menjabat sebagai Kanit Pendidikan dan Rekayasa Lalu lintas (Dikyasa) Satlantas Polres Banyuwangi ini rela blusukan ke tempat-tempat yang menjadi pusat kegiatan masyarakat demi tersampaikannya pesan keselamatan berlalu lintas.

Intensitas kegiatan Iptu Datik semakin meningkat menjelang pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2018. Dia semakin aktif datang kepada masyarakat membagikan selebaran, brosur terkait pentingnya mentaati peraturan lalu lintas. Sejumlah tempat seperti taman Blambangan,area parkir, warung dan pondok pesantren dia datangi. “Kami datang langsung kepada masyarakat agar masyarakat benar-benar memahami apa yang kami sampaikan,” tegasnya Kamis (1/11/18).

Saat Operasi Zebra sudah mulai dilaksanakan, Datik tetap aktif melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Bahkan dia rela datang ke pasar tradisional, terminal hingga ke stasiun kereta api untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait apa saja yang harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan pada saat mengendarai kendaraan bermotor.

Dia juga tidak segan berkeliling dengan menggunakan sepeda motor sambil berteriak melalui mega phone (pengeras suara) untuk mengingatkan masyarakat tentang pelaksanaan Operasi Zebra yang sedang digelar aparat kepolisian saat ini. “Ini kami lakukan agar masyarakat terbiasa menyiapkan kelengkapan dan surat-surat kendaraan sebelum berkendara,” ungkapnya.

Sosialisasi keselamatan berlalu lintas ini akan terus dilakukannya tidak hanya pada saat pelaksanaan Operasi Zebra saja. Dalam setiap kesempatan dirinya akan terus membagikan pengetahuan berlalu lintas yang baik kepada masyarakat. “Ini sudah menjadi bagian dari tugas kami untuk memberikan pendidikan berlalu lintas yang baik kepada masyarakat,” tegasnya.