Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Menjelang Musim Penghujan, Tujuh Kecamatan di Kabupaten Malang Terserang Kekeringan

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Heryanto

30 - Oct - 2018, 12:07

Placeholder
Terdampak kekeringan, Divisi 2 Kostrad grojok air bersih 10 ribu liter ke Desa Sidoluhur, Kabupaten Malang (Foto : Pendivif 2 Kostrad for MalangTIMES)

Dari perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), musim penghujan diprediksi bakal terjadi pada bulan November mendatang. Namun, hingga Selasa (30/10/2018), beberapa titik di Kabupaten Malang, masih mengalami kekeringan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bambang Istiawan menjelaskan, dari data yang dihimpun, sedikitnya ada tujuh kecamatan yang masuk zona rawan kekeringan.

Ketujuh wilayah tersebut meliputi Kecamatan Kalipare, Donomulyo, Jabung, Singosari, Lawang, Sumberpucung, dan Sumbermanjing Wetan (Sumawe). “Daerah itu (tujuh kecamatan, sudah mengajukan permintaan bantuan air bersih,” kata Bambang.

Bambang menambahkan, pihaknya membenarkan jika peralihan musim kemarau ke penghujan sudah mulai nampak. Terbukti di sebagian wilayah di Kabupaten Malang, sempat diguyur air hujan beberapa waktu lalu. Meski demikian, kenyataannya intensitas air hujan yang tidak terlalu sering, mengakibatkan kekeringan masih marak terjadi. 

“Melihat situasi yang seperti ini, tidak menutup kemungkinan musibah kekeringan masih bisa terjadi pada wilayah selain tujuh kecamatan tersebut,” imbuhnya.

Selain BPBD, bebrapa instansi terkait juga terlibat dalam memasok kebutuhan air bersih bagi warga yang menderita kekeringan. Seperti salah satunya yang dilakukan oleh Divisi 2 Kostrad.

 Instansi militer yang bermarkas di Kecamatan Singosari ini, sempat menyalurkan bantuan puluhan ribu liter air ke daerah yang mengalami kekurangan pasokan air bersih.

Terpisah, Asisten Teritorial Divif 2 Kostrad Kolonel Inf Erwin menuturkan, beberapa hari lalu, Divisi 2 Kostrad menyalurkan bantuan 10 ribu liter air bersih, ke Dusun Gunung Tumpuk Desa Sidoluhur Kecamatan Lawang. 

“Pasokan air bersih itu, kami salurkan untuk 279 kepala keluarga yang mengalami kekeringan selama beberapa bulan belakangan,” terang Erwin.

Sedikitnya ada 10 personel yang diterjunkan ke lokasi. Selain menyalurkan air, anggota TNI juga dikerahkan untuk merehab tandon air milik dusun, yang mengalami kerusakan akibat bocor, sehingga tidak bisa menampung air. 

“Kegiatan sosial semacam ini bakal terus kami lakukan, sudah kewajiban kami untuk membantu rakyat yang mengalami kesusahan. Misalnya akibat kekeringan semacam ini,” tutup Erwin.


Topik

Peristiwa Menjelang-Musim-Penghujan Kabupaten-Malang-Terserang-Kekeringan BMKG -Badan-Penanggulangan-Bencana-Daerah-



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Heryanto