Wakapolres Jember Kompol Bagus Ichwan saat membagikan selebaran untuk sosialisasi Operasi Zebra (foto : Moh. Ali Makrus / JatimTIMES)
Wakapolres Jember Kompol Bagus Ichwan saat membagikan selebaran untuk sosialisasi Operasi Zebra (foto : Moh. Ali Makrus / JatimTIMES)

Terhitung mulai hari ini Selasa (30/10/2018) hingga 12 Nopember ke depan jajaran kepolisian menggelar Operasi Zebra 2018, di Jember kegiatan Operasi Zebra ini diawali dengan gelar pasukan gabungan dari unsur TNI, Polri, Dishub, dan Satpol PP di halaman Mapolres Jember dengan dipimpin langsung oleh Wakapolres Kompol Bagus Ichwan. 

Dalam gelar pasukan, Wakapolres menyampaikan 7 perioritas pelanggaran yang akan ditindak selama Operasi Zebra berlangsung, diantaranya Pengendara roda 2 (R2) tidak menggunakan helm SNI, pengendata roda 4 (R4) tidak memakai Safety belt, R4 melebihi batas kecepatan, pengendara dibawah umur, berkendara sambil main HP serta pengendara yang melawan arus. 

"Ada tujuh prioritas penindakan pelanggaran dalam berkendara yang diinstruksikan mabes polri, namun meski demikian kami tidak mengesampingkan pelanggaran yang lain dalam operasi zebra ini," ujar Wakapolres Kompol Bagud Ichwan. 

Selain gelar apel pasukan, jajaran Polres Jember pada awal pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2018 juga melakukan sosialisasi kepada pengguna kendaraan yang sedang melintas di depan Mapolres Jember dengan membagikan selebaran stiker yang berisi imbauan dan hal- hal yang harus diperhatikan pengendara selama di jalan raya, hal ini bertujuan untuk mengurangi tindak pelanggaran maupun kecelakaan dalam berlalu lintas. 

"Kami mengimbau agar masyarakat lebih berhati -hati dalam berkendara, karena tingkat pelanggaran pada periode yang sama pada saat pelaksanaan Operasi Zebra cenderung ada peningkatan, dan harapan kami dengan adanya sosialisasi ini tingkat pelanggaran menurun, tentunya diimbangi dengan menurunya angka kecelakaan," tambah Bagus. 

Sementara dalam Operasi Zebra Semeru 2018 kali ini, sedikitnya 107 personel gabungan dilibatkan, dimana dari unsur Satlantas Polres Jember sebanyak 57 personel. (*)