Anggota TNI dari Koramil 0808/02 Garum mengamankan granat aktif yang ditemukan Priyo. (Foto : Team  BlitarTIMES)
Anggota TNI dari Koramil 0808/02 Garum mengamankan granat aktif yang ditemukan Priyo. (Foto : Team BlitarTIMES)

Seorang warga Kelurahan Bence, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar, Priyo Antoko menemukan bahan peledak aktif jenis granat mortir. Granat tersebut ditemukan setelah ia membeli barang bekas di Desa Bacem, Kecamatan Sutojayan.

Setelah menemukan granat itu, Priyo memberi tahu kepala lingkungan mengenai temuan tersebut dan kemudian melaporkannya ke Koramil 0808/02 Garum. Tak lama, kemudian anggota koramil langsung menuju lokasi.

“Setelah melihat benda tersebut, saya langsung melapor kepada kepala lingkungan. Dan anggota TNI dari Koramil Garum langsung datang ke rumah saya,” ucap Priyo.

Priyo menjelaskan, Sabtu (13/10/2018) dia berbelanja barang bekas di Desa Bacem. Barang tersebut ditimbang dalam karung dan dibawa pulang. Selanjutnya karung tersebut dia bongkar pada Minggu (14/10/2018). Setelah di bongkar ternyata di dalam karung ada granat mortir 8 kaliber 7.62x51 mm.

Anggota TNI dari Koramil 0808/02 Garum yang datang ke lokasi mengamankan granat tersebut ke Makoramil 0808/02. Saat ini granat tersebut telah diserahkan ke Polsek Garum untuk pemeriksaan lebih lanjut. Untuk menghindari agar tidak terjadi hal-hal yang dapat membahayakan masyarakat setempat.

“Setelah diamankan, granat tersebut diamankan ke Mapolsek Garum. Hasil penyelidikan sementara, granat tersebut diduga masih aktif. Kami bersama kepolisian masih menelusuri asal muasal granat itu,” kata Babinsa Koramil 0808/02 Garum Koptu Edy Sopyan. (*)