Ilustrasi, net
Ilustrasi, net

Selain Aning Kusnawati (41) beralamat di desa Tanggung Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung yang melaporkan oknum polisi berinitial VD (32) warga desa Sidem Kecamatan Gondang dilaporkan polisi karena dugaan melakukan tindak pidana tipu gelap, ternyata laporan serupa juga masuk ke Polres Tulungagung.

VD dilaporkan juga oleh korban yang lain yang bernama Sinatria Pinadika (30) warga Batangsaren Kauman Tulungagung karena diduga melakukan tipu gelap 1 unit motor Honda tahun 2018 warna hitam AG 3112 RCF atas nama RumiatiĀ  alamat Desa Batangsaren kecamatan Kauman.

"Ada dua laporan tipu gelap yang masuk dengan melibatkan dugaan pelaku yang sama," kata Kapolres Tulungagung AKBP Tofik Sukendar melalui Kasat Reskrim AKP Mustijat Priyambodo.

Modus yang dilakukan untuk memperdaya korban juga mirip, saat itu Kamis (11/10) Sinatria datang kerumah kos temannya yang bernama Ikra.

"Kemudian terlapor datang dan meminjam sepeda motor dengan alasan dipakai ke Kediri. Tanpa curiga sepeda motor diserahkan, namun sampai sore terlapor tidak datang," ungkap Mustijat

Karena ditunggu lama tak juga datang, Sianitra menghubungi VD, namun rupanya VD hanya janji-janji.

"Sekitar jam 19. 00 wib terlapor datang menemui korban ditempat kos tetapi tidak membawa sepeda motor," jelasnya.

Selanjutnya VD keluar kembali lagi dengan alasan mengambil sepeda motor hingga pada hari berikutnya Kamis (11/10) jam 20.00 wib VD mengirimkan Sms ke Aris Susanto (Saksi) dan memberitahukan bahwa sepeda motor yang dibawa telah digadaikan.

"Dalam smsnya disampaikan bahwa sepeda motor telah digadaikan pada orang bernama Agus di Desa Kepuh Kecamatan Boyolangu," paparnya.

Tak mau menanggapi permainan VD karena telah dirugikan Sinatria langsung mendatangi Mapolres Tulungagung untuk membuat laporan pada Jumat (12/10). Atas kejadian tersebut korban merasa dirugikan dengan tafsir kerugianĀ  Rp 16.000.000,- (enam belas juta rupiah).