Ilustrasi limbah

Ilustrasi limbah



Warga Kelurahan Kuthoanyar kecamatan Kota Kabupaten Tulungagung dihebohkan dengan uap panas yang keluar dari dalam selokan. Uap panas itu muncul dari mulut saluran air atau got yang berada di Jalan Mayjen Sungkono, tepatnya di ujung saluran air yang mengarah ke Kali Ngrowo.

Dalam video yang dikirim oleh salah satu warga, Firmanto terlihat uap panas mengepul dan membuat layu tanaman yang berada di di dinding saluran air. Sontak hal itu menjadi pembicaraan hangat warga.

Saat dihubungi, Firmanto benarkan jika ada uap panas yang keluar dari saluran air di depan rumahnya itu. Awalnya dia mengira uap panas itu berasal dari pembakaran sampah. Namun saat dilihat lebih lanjut ternyata berasal dari dalam saluran air.

“Saya kira ada orang yang bakar sesuatu di dalam got, tapi kan enggak mungkin, wong gotnya ada airnya,” ujar pria bertubuh tambun itu pada awak media, Selasa (9/10) sore.

Anehnya, uap panas itu berbau menyengat seperti bahan kimia yang biasa digunakan dalam industri tekstil. “Baunya kayak wenter (pewarna untuk tektil),” ujar pria ramah itu lebih lanjut.

Kejadian ini bukan pertama kalinya, dua hari yang lalu kejadian serupa juga terjadi ditempat yang sama. Uap panas itu biasanya terlihat pada sekitar pukul 5 sore dan terus berlanjut higga 20 menit kedepan. “Menjelang petang sekitar jam 5 sore sampai 20 menit kedepan,” imbuh bapak 1 anak itu.

Sayang dirinya tidak tahu asal dari uap panas yang keluar dari saluran air itu. Selama ini air got juga berwarna-warni tanpa ada penjelasan dari pihak terkati termasuk Pemkab Tulungagung.

Dirinya khawatir kondisi ini merusak lingkungan mengingat selama ini warga banyak yang menggunakan air tanah untuk keperluan sehari hari.

Sampai berita ini ditulis, pihak Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tulungagung masih belum bisa dihubungi untuk dikonfirmasi.


End of content

No more pages to load