Kondisi hutan pasca kebakaran, Kecamatan Wagir (Foto : PMI Kabupaten Malang for MalangTIMES)

Kondisi hutan pasca kebakaran, Kecamatan Wagir (Foto : PMI Kabupaten Malang for MalangTIMES)


Editor

A Yahya


Kasus kebakaran kembali terjadi. Kali ini giliran kawasan hutan yang berlokasi di Desa Dalisodo Kecamatan Wagir, ludes dilahab si jago merah Senin (8/10/2018). Kondisi medan yang susah dilalui oleh mobil pemadam kebakaran membuat tim gabungan berupaya menjinakkan api dengan peralatan seadanya.

Kapolsek Wagir AKP Mei Suryaningsih mengatakan, insiden ini diketahui pertama kali oleh salah satu petugas perhutani, yang saat itu sedang melakukan patroli di sekitar lokasi. Di saat bersamaan petugas patroli hutan ini, mengetahui kebakaran sudah terjadi di lahan yang ditanami pohon pinus tersebut. Mengetahui hal ini, saksi lantas melaporkan kepada pihak perhutani. “Total ada sekitar 1,5 hektare terbakar,” terang Mei.

Selain perhutani, beberapa personel gabungan dari Polsek Wagir, Koramil, perangkat desa setempat, SAR, serta Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Malang, berupaya memadamkan api yang terjadi di kawasan lereng gunung kawi tersebut. “Total ada sekitar 50 personel gabungan diterjunkan,” sambung Mei.

Mei menambahkan, hingga kini belum diketahui secara pasti penyebab dan kerugian yang ditimbulkan akibat kebakaran hutan tersebut. Tidak ada korban jiwa atas insiden ini, hanya saja proses pemadaman sempat dihentikan sementara lantaran angin yang berhembus terlalu kencang dan membahayakan petugas gabungan. “Kebakaran baru bisa dipadamkan sekitar 3 jam pasca kebakaran,” pungkasnya.


End of content

No more pages to load