Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Bersih Dusun, Warga Pantimulyo Gelar Karnaval

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Yunan Helmy

03 - Oct - 2018, 17:06

Placeholder
Kemeriahan bersih dusun di Dusun Pantimulyo, Desa Kendalrejo, Kabupaten Blitar. (Ist)

Menyambut Tahun Baru Islam 1440 Hijriah, warga Dusun Pantimulyo, Desa Kendalrejo, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar, menggelar kegiatan selamatan dusun atau biasa disebut bersih dusun.

Kades Kendalrejo Mahfud Efendi mengatakan bersih dusun ini digelar rutin setiap tahun dengan kegiatan positif pengajian hingga doa bersama. Dan puncaknya ditutup dengan karnaval budaya.

Menariknya, dalam kirab budaya, peserta tidak hanya menampilkan tumpeng hasil bumi saja. Ada banyak kesenian dan kreativitas yang disuguhkan. Tari-tarian misalnya. Kreativitas tersebut mampu membuat riuh ribuan penonton yang hadir memadati sepanjang jalan desa yang dilalui.

“Selamatan desa ini adalah bentuk tanggung jawab bagi seluruh warga Dusun Pantimulyo untuk tetap melestarikan budaya leluhur. Semoga dengan acara bersih dusun kita bisa tingkatkan kerukunan, kebersamaan warga dan yang paling penting menjaga silahturahmi dan sikap kegotongroyongan,” ucap Mahfud Efendi, Rabu (3/10/2018).

Lebih lanjut Mahfud menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh masyarakat Dusun Pantimulyo dan juga panitia yang terlibat dalam acara karnaval. Sehingga acara ini berjalan sukses dan meriah.

“Inilah wujud syukur kita kepada ibu pertiwi juga kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpahan karunianya selama ini, sehingga kita diberi kesehatan dan rezeki yang berlimpah. Semoga karnaval ini bisa memperkokoh rasa nasionalisme dan kecintaan kita kepada bangsa dan negara,” katanya. (*)


Topik

Pemerintahan Tahun-Baru-Islam-1440-Hijriah Kemeriahan-bersih-dusun Dusun-Pantimulyo-Desa-Kendalrejo-Kabupaten-Blitar Kades-Kendalrejo Mahfud-Efendi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Yunan Helmy