Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Belum Dapat Kepastian, Menpora Minta Keluarga Ikhlaskan Jenazah Atlet Paralayang Asal Kota Batu Dimakamkan di Palu

Penulis : Nurlayla Ratri - Editor : Yunan Helmy

03 - Oct - 2018, 14:19

Placeholder
Kerabat dan juga rekan almarhum Ardi Kurniawan tampak masih berdatangan ke rumah duka di Kota Batu. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

Belum ada kepastian atas kepulangan jenazah atlet paralayang asal Kota Batu Ardi Kurniawan yang menjadi korban meninggal dalam bencana gempa bumi di Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng). Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi meminta keluarga mengikhlaskan jenazah Ardi dimakamkan di Palu.

Dalam jumpa pers yang dilakukan Kantor Kemenpora, Jakarta, Imam Nahrawi mengungkapkan bahwa ada kemungkinan jenazah akan dimakamkan di Palu. "Keluarga korban yang berasal dari Batu, orang tua Ardi Kurniawan menginginkan jenazah dibawa pulang ke Malang. Namun kita tahu susahnya mencari peti mati, susahnya evakuasi, apalagi pergeseran jenazah keluar Palu," ujar menpora seperti dikutip MalangTIMES dari medcom.id.

Imam juga meminta kepada keluarga mengizinkan untuk jenazah tidak dipulangkan ke kampung halaman. "Maka tentu kita berharap mohon kepada keluarga untuk mengikhlaskan tetap mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan untuk dimakamkan dalam satu tempat di Palu. Kami mohon kepada keluarganya untuk mengikhlaskan," sambungnya.

Ardi merupakan satu dari dua atlet pelatnas paralayang Indonesia yang ditemukan meninggal tertimpa reruntuhan Hotel Roa-Roa di Palu. Mempora mengatakan akan memberikan santunan kepada keluarga korban sebagai bentuk perhatian pemerintah karena masih dalam tanggungan negara. "Tentu pemerintah dan bersama pengurus paralayang berusaha memenuhi hak-hak para atlet, sekaligus kita akan memberikan santunan kepada keluarga nanti," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu Sasmito mengungkapkan bahwa pihaknya belum menerima kepastian apakah jenazah Ardi akan tiba hari ini (3/10/2018) atau besok. "Belum (ada kepastian). Doakan saja lancar bisa sampai hari ini," ujarnya melalui pesan tertulis. Meski demikian, Pemkot Batu terus melakukan koordinasi dengan ketua paralayang Sulteng. "Untuk pemulangan masih proses," tambahnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ardi menjadi satu dari tujuh pilot paralayang kompetisi Palu Nomoni 2018 yang sempat hilang kontak. Jenazah Ardi ditemukan di bawah puing Hotel Roa-Roa yang roboh terdampak gempa berkekuatan 7,4 SR disertai tsunami pada pekan lalu. (*)


Topik

Peristiwa berita-malang Jenazah-Atlet-Paralayang-Asal-Kota-Batu Menteri-Pemuda-dan-Olahraga Ardi-Kurniawan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurlayla Ratri

Editor

Yunan Helmy