Tempat loket pembayaran karcis baru di Pantai Goa Cina, Kecamatan Sumbermanjing Wetan (foto : Ashaq Lupito / MalangTIMES)
Tempat loket pembayaran karcis baru di Pantai Goa Cina, Kecamatan Sumbermanjing Wetan (foto : Ashaq Lupito / MalangTIMES)

Bagi penikmat traveler tentunya sudah tidak asing lagi dengan Pantai Goa Cina. Iya, salah satu pantai terindah di Indonesia yang berlokasi di Desa Sitiarjo Kecamatan Sumbermanjing Wetan (Sumawe) ini, memang terkenal dengan keindahan alamnya.

Namun bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke salah satu pantai terindah di Indonesia ini, ada kebijakan baru. Yakni loket pembayaran tiket berbeda dengan biasanya. Jika sebelumnya para traveler bisa membayar di loket yang tersedia di bangunan yang disediakan. Kini para penikmat destinasi alam, wajib membayar tiket di lokasi yang berbeda. Yakni berjarak sekitar 500 meter dari lokasi pantai. Itupun hanya ada meja dan kursi saja, bukan bangunan loket seperti biasanya.

Pengelola Pantai Goa Cina Wasito menuturkan, kebijakan baru ini mulai berlaku Senin (1/10/2018). Meski berbeda lokasi pembayaran tiket, namun tidak merubah ketentuan harganya. Yakni Rp 10 ribu untuk setiap pengunjung. Kebijakan ini hanya berlaku bagi wisatawan dewasa, bagi siswa Sekolah Menegah Pertama (SMP) ke bawah, tidak dipungut biaya. “Tapi kalau kunjungan siswa SMP satu rombongan tentunya bakal kami tarik biaya, tapi dikenakan tarif khusus yang lebih murah,” terang Wasito kepada MalangTIMES.

Dengan nominal segitu, para pengunjung sudah bisa menikmati keindahan alam yang tersaji di salah satu pantai terindah di Indonesia tersebut. Jika hari senin sampai jumat, biasanya ada sekitar 100 pengunjung. “Jika akhir pekan, pengunjung bisa mencapai 500 wisatawan,” pungkasnya.