Salah satu wahana yang rusak di Hutan Kota Bondas Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Salah satu wahana yang rusak di Hutan Kota Bondas Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

Banyak pengunjung yang datang ke Hutan Kota Bondas di Kecamatan Batu merasakan kegersangan di hutan ini. Aduan itu segera ditanggapi Pemkot Batu yang rencananya bakal melakukan perubahan untuk mempercantik hutan kota.

Menindaklanjuti hal itu Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu Arief As Siddiq, dan Sekretaris Daerah (sekda) Kota Batu Zadiem Effisiensi langsung meninjau area Hutan Kota Bondas, Senin (1/10/2018). 

“Kata masyarakat bahwa hutan kota tidak terawat, katanya tandus banyak pohon yang mati. Karena itu kami berkenan meninjau setelah Upacara Hari Kesaktian Pancasila,” kata Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso. 

Ia menjelaskan memang kondisi hutan kota itu perlu ada pembenahan. Lalu penambahan kantin agar pengunjung betah berada di dalam hutan kota.

“Supaya pengunjung juga gak perlu bingung mencari makanan kalau di dalam taman, dan nanti yang jualan sekaligus mengamankan,” imbuhnya. 

Dengan demikian hutan kota pun bisa dibuka hingga malam, karena ada yang menjaga. Sehingga jika ada yang melakukan tindak kejahatan dan hal-hal yang bersifat negatif bisa diingatkan.

Selain itu juga pembenahan pada pintu masuk, karena saat ini ukurannya terlalu pendek, sehingga perlu ditinggikan. Lainnya terkait dengan lantai dan tempat olahraga refleksi.

“Yang paling utama, pada setiap hari Jumat Aparatur Sipil Negara (ASN) digilir agar bisa apel di sini, merawat atau bersih-bersih di sini (hutan kota),” jelas mantan anggota DPRD Kabupaten Malang ini. 

Dengan pembenahan tersebut, diharapkan pengunjung akan merasa nyaman. Terlebih memang saat ini ada beberapa permainan yang rusak dan perlu segera dibenahi.