Dosen Ilmu Komunikasi UMM Jamroji dan Arum Martikasari
Dosen Ilmu Komunikasi UMM Jamroji dan Arum Martikasari

Kota Malang sudah mempunyai Kampung Warna-Warni dan Kampung Biru. Dua kampung tersebut kini menjadi ikon Kota Malang. Setelah ini, akan ada ikon baru bernama Kampung Hijau. Namun, letaknya bukan di Kota Malang, melainkan di Kota Batu. Tepatnya di kawasan selatan komplek wisata Jatim Park 3, Kecamatan Junrejo, Kota Batu.

Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali diminta untuk menggarap kawasan di selatan komplek wisata Jatim Park 3 tersebut. Permintaan itu diterima langsung oleh dosen Ilmu Komunikasi, Jamroji, salah satu tokoh di balik suksesnya Kampung Warna-Warni Jodipan (KWJ).

Dosen Prodi Ilmu Komunikasi Arum Martikasari mengatakan bahwa Prodi Ilmu Komunikasi UMM memang banyak diminta untuk mengubah kawasan tertentu menjadi objek wisata seperti Kampung Warna-Warni Jodipan. 

"Banyak permintaan kepada kami untuk mengubah kawasannya menjadi objek wisata serupa KWJ. Karena tiap daerah punya potensinya masing-masing. Bahkan bisa jadi lebih besar potensinya ketimbang Jodipan," ujar Arum.
 
Rencananya, mulai bulan ini (Oktober), UMM dan Jatim Park Group akan mengintegrasikan 89 rumah di selatan area Jatim Park 3 menjadi kawasan wisata edukasi bernama Kampung Hijau tersebut. Proyek ini akan bekerjasama kembali dengan PT. Indana Paint sebagai penyedia cat. 

"Apapun yang dilakukan mahasiswa itu based on research (penelitian). Anak-anak Jodipan saja riset di sana selama dua minggu. Door to door ke rumah warga. Harus mendapatkan insight (wawasan) dulu dari sana," kata Arum.

Untuk diketahui, selain bakal menyulap kampung menjadi hijau, di tiap rumah juga bakal dipasang  tanaman hidroponik, atau budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah. Teknik ini menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.