Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Perkuat Perekonomian Desa, Pemerintah Kabupaten Malang Dorong Pembentukan Bumdes

Penulis : Pipit Anggraeni - Editor : A Yahya

28 - Sep - 2018, 16:15

Placeholder
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Malang, Suwadji saat memberi pemaparan dalam acara Sinergi Pemerintah, Perbankan, dan Pers Dalam Mendorong Perekonomian Desa Melalui Bumdes yang berlangsung di Ubud Hotel & Cottages Malang (Pipit An

Pemerintah Kabupaten Malang terus berupaya meningkatkan perekonomian perdesaan. Salah satunya melalui pembentukan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang saat ini jumlahnya memang masih belum maksimal.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Malang, Suwadji menyampaikan, dari total 378 desa di Kabupaten Malang, saat ini hanya ada 113 Bumdes yang berkembang. Dari total tersebut, baru 15 persen yang masuk kategori baik, 25 persen masuk kategori cukup baik, dan 60 persen masih dikatakan kurang baik.

"Masalah utamanya selama ini memang dalam akses permodalan," katanya saat menjadi pembicara dalam acara Sinergi Pemerintah, Perbankan, dan Pers Dalam Mendorong Perekonomian Desa Melalui Bumdes yang berlangsung di Ubud Hotel & Cottages Malang, Jumat(28/9/2018).

Menurutnya, ada banyak upaya yang dilakukan untuk membentuk Bumdes yang sehat. Namun terkadang memang sedikit terkendala dengan regulasi yang sering berubah hanya dalam jangka waktu singkat. Sehingga, pemerintah daerah pun berharap agar regulasi yang dikeluarkan lebih disederhanakan.

"Terkadang regulasi yang sering berubah ini malah membebani. Harapannya regulasi tidak sering berubah," jelasnya.

Lebih jauh mantan Camat Turen ini menyampaikan, Bumdes memiliki peran yang cukup besar dalam meningkatkan perekonomian di perdesaan. Berbagai upaya pun dilakukan untuk mendorong lembaga keuangan turut menyalurkan modalnya.

"Semenjak adanya Bumdes, geliat ekonomi di pedesaan memang bagus. Itu sebabnya, kami mengupayakan agar seluruh desa di Kabupaten Malang memiliki Bumdes," jelasnya.

Pria berkumis ini juga menyampaikan jika setiap tahunnya selalu dilakukan pendampingan untuk mendirikan Bumdes. Sumber modalnya punya berasal dari masyarakat, bantuan pemerintah, hingga sumber lain dari berbagai lembaga. 

Saat ini, perkembangan Bumdes di Kabupaten Malang menurutnya juga semakin banyak dikenal dengan adanya perkembangan teknologi. Bahkan, dapat dikatakan jika Bumdes yang dulunya dibangun lebih awal pamornya kini kalah dengan Bumdes yang baru saja dibangun.

"Dan yang paling penting dari Bumdes itu adalah daya tahan dari bumdes itu sendiri," jelasnya.


Topik

Pemerintahan Perkuat-Perekonomian-Desa Pemerintah-Kabupaten-Malang Pembentukan-Bumdes



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Pipit Anggraeni

Editor

A Yahya