Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Akibat Puntung Rokok, Sekitar 6 Hektar Lahan Terbakar

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : A Yahya

27 - Sep - 2018, 19:17

Placeholder
Petugas pemadam kebakaran saat berupaya memadamkan api, Kecamatan Bululawang (Foto : PPBK Kabupaten Malang for MalangTIMES)

Puntung rokok kembali disebut-sebut menjadi biang kerok kebakaran. Seperti halnya pada kebakaran lahan tebu di Desa Kasembon Kecamatan Bululawang Kamis (27/9/2018) yang dilahab api. Diduga akibat puntung rokok yang dibuang sembarangan.

Hal itu sebagaimana disebutkakn oleh Kepala Seksi Badan Pencegahan Dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran (PPBK) Kabupaten Malang Agus Suyanto. Insiden yang pertama kali diketahui warga sekitar saat melintas di lokasi kejadian. Merasa panik karena api begitu besar, masyarakat segera menghubungi Polsek Bululawang dan dilanjutkan ke PPBK Kabupaten Malang. “Dua unit diterjunkan untuk memadamkan lahan tebu milik yayasan Al Ikhlas tersebut,” kata pria yang akrab disapa Ambon ini.

Ambon menambahkan, tim gabungan dari pemadam kebakaran, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Malang, polisi, serta di bantu warga berupaya menjinakan kobaran api, pada lahan tebu seluas dua hektare tersebut. Beruntung tidak ada korban jiwa atas insiden ini. “Api baru bisa dipadamkan satu jam kemudian, kerugian ditafsir mencapai Rp 8 juta,” imbuh Ambon.

Terpisah, Kasubsi Penanggulangan Bencana Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Malang Mudji Utomo menegaskan, kejadian kebakaran yang diakibatkan karena puntung rokok, bukan kali pertama terjadi. Pada bulan september ini, total ada 3 kejadian serupa. Tepatnya pada 4 september lalu, kawasan hutan di Kecamatan Pagak habis dilahab api.

Berselang lima hari kemudian, giliran lahan tebu di Desa Talangagung Kecamatan Kepanjen, jadi sasaran amukan si jago merah. Lanjut, sabtu (22/9/2018) lalu, Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di Desa Tunjungtirto Kecamatan Singosari, ludes dilahab api. “Sejak awal september tahun ini, total sekitar 6 hektare lahan terbakar akibat putung rokok,,” pungkasnya.


Topik

Peristiwa Lahan-Terbakar Akibat-Puntung-Rokok kasus-kebakaran Desa-Kasembon-bululawang PPBK-Kabupaten-Malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

A Yahya