Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Agama

Pawai Budaya Meriahkan Petik Laut dan Selamatan Desa Gelung

Penulis : Sony Haryono - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

22 - Sep - 2018, 09:31

Placeholder
Fahrudi Apriawan Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan DPRD Situbondo saat melepas pawai budaya (Foto: Sony Haryono / SitubondoTIMES)

Pawai budaya dalam rangka Selamatan Desa Gelung, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo dimeriahkan dengan pawai budaya yang diikuti siswa-siswi SD, SMP dan masyarakat setempat.

Kegiatan pawai budaya yang secara rutin dilaksanakan pada ritual Petik Laut dan Selamatan Desa Gelung tersebut disambut antusias warga yang berbondong- bondong menyaksikannya. "Ritual Selamatan Desa dan Petik Laut bagi kami masyarakat setempat sangat sakral," jelas Asmo warga setempat yang menyaksikan pawai budaya tersebut.

Pawai budaya yang menggunakan pakaian unik tersebut menjadi tontonan gratis bagi masyarakat desa setempat, bahkan Fahrudi Apriawan Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan DPRD Situbondo ikut melepas pawai budaya tersebut.

"Pawai budaya dalam rangka selamatan desa dan petik laut ini menggambarkan nilai-nilai persatuan yang kokoh. Dengan menggunakan kostum budaya, mereka menunjukan berbeda-beda namun menjadi satu kesatuan yang kokoh," ujar Fahrudi singkat.

Sementara itu, H. Jasmoto, Kepala Desa Gelung, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo, di tengah- tengah pawai budaya mengatakan bahwa acara pawai budaya ini untuk menyambut selamatan desa dan petik laut Desa Gelung.

"Ini sudah tradisi tahunan untuk menyambut selamatan Desa Gelung, agar Desa Gelung kedepannya lebih maju dan masyarakatnya semakin rukun, guyub dan selalu mendapat perlindungan dari Allah SWT," jelas Kepala Desa Gelung.

Tak hanya itu saja yang disampaikan Kades Gelung, namun dia juga mengatakan, petik laut dan selamatan desa merupakan kegiatan turun temurun yang mengandung nilai-nilai tradisi masyarakat setempat.

"Misalnya prosesi petik laut yang dilakukan masyarakat Desa Gelung sudah ada sejak jaman nenek moyangnya. Dalam prosesi petik laut tersebut, masyarakat nelayan Desa Gelung melakukan ritual unik dan memanjatkan rasa syukur atas limpahan rejeki di laut dari Allah SWT," pungkasnya. (*)


Topik

Agama Pawai-budaya-dalam-rangka-Selamatan-Desa-Gelung Fahrudi-Apriawan Ketua-Fraksi-Partai-Persatuan-Pembangunan-DPRD-Situbondo



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Sony Haryono

Editor

Sri Kurnia Mahiruni