Acara bimtek ketiga Jember Menuju Smart City yang digelar Pemkab Jember (foto : istimewa / JatimTIMES)
Acara bimtek ketiga Jember Menuju Smart City yang digelar Pemkab Jember (foto : istimewa / JatimTIMES)

Pemerintah Kabupaten Jember terus menyiapkan terwujudnya Jember Smart City. Untuk kali ketiga, bertempat di Aula PB Sudirman, Rabu (19/9/2018) sosialiasi dan bimbingan teknis Gerakan Menuju 100 Smart City digelar, kegiatan ini sendiri dibuka oleh Sekretaris Daerah Setkab Jember Ir. Mirfano. 

Dalam sambutannya, Ir. Mirfano mengulas tentang Gerakan 100 Smart City, dimana jika ingin berhasil perlu adanya partisipasi, kesadaran dan pemahaman terhadap pekerjaan yang harus dilaksanakan oleh jajaran terkait.

"Gerakan yang jika ingin berhasil harus ada partisipasi, harus ada kesadaran dan pemahaman terhadap pekerjaan yang harus dilaksanakan dengan konsisten dan terus menerus, baru bisa mencapai tujuan gerakan," tuturnya.

Mirfano juga menyatakan, bahwa tujuan gerakan ini agar aparatur sebagai pelayan publik mudah dan efisiensi dalam memberikan servis pelayanan publik. Menurut pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Koperasi dan UMKM ini, keberhasilan sebuah organisasi terletak pada leadership kemudian sistem. Dua hal ini saling bergantung.

“Kepemimpinan adalah penggerak perubahan, jadi yang merubah dan ada di depan adalah para pemimpin. Pemimpin itu juga pawang inovasi. Hanya inovasilah yang membuat organisasi kita tetap muda," jelasnya.

Ia juga menyampaikan dua hal yang perlu dikejar dalam mengambil kesempatan yang tepat. Pertama, kecepatan dalam mengambil keputusan. Kedua, cepat mengoreksi jalannya kesalahan. "Marilah sama-sama kita berpartisipasi dalam menyukseskan 100 Smart City, sehingga jika bisa melakukan percepatan, kita akan memiliki keunggulan komparatif dibanding daerah lain," terangnya.

Sementara Kepala Sub Direktorat Aplikasi Layanan Kepemerintahan Direktorat e-Government Kemenkominfo RI Dr. Hasyim Gautama yang menjadi narasumber pada acara ini mengatakan, acara ini merupakan salah satu kegiatan untuk membimbing, memberikan pencerahan kepada daerah bagaimana kontribusi teknologi informasi dan komunikasi terhadap pemerintahan.

“Saat ini, kemajuan yang dialami pemerintah pusat dan daerah adalah dukungan teknologi informasi dan komunikasi, dengan terobosan baru, dan pada bimtek ketiga ini targetnya adalah menyusun rencana strategis TIK di Kabupaten Jember,” pungkas Hasyim. (*)​