Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Sama Sama Ajukan Kandidat Calon Wakil Wali Kota Blitar, PDIP dan Demokarat Masih Rahasiakan Nama

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : A Yahya

17 - Sep - 2018, 19:53

Placeholder
Dedik Hendarwanto.(Foto : Istimewa)

Formasi Kepala Daerah Kota Blitar memang telah pincang setelah Wali Kota Blitar non aktif Samanhudi Anwar dibekuk KPK pada 6 Juni 2018 lalu. Samanhudi ditangkap terkait kasus dugaan penerimaan suap ijon proyek pembangunan SMPN 3 Kota Blitar yang melilitnya.

Praktis tiga bulan lebih pasca penangkapan Samanhudi Anwar oleh KPK itu, tugas wali kota untuk menjalankan roda pemerintahan di Kota Blitar dijalankan oleh wakilnya, Santoso. Dia bertugas dengan Surat Perintah Tugas dari Gubernur Jawa Timur sejak 8 Juni 2018, yang memerintahkannya menjalankan tugas wali kota.

Namun pemerintah Kota Blitar, melalui Kepala Daerah dan DPRD masih peka akan nasib stabilitas keberlangsungan suksesi pemerintahan di Kota Blitar. Buktinya, DPRD Kota Blitar melalui Panitia Khusus (Pansus) pembentukan Tata Tertib (Tatib) pemilihan dan pengangkatan Calon Wakil Wali Kota telah sibuk membahasnya.

Terkini, proses itu masih pada tahap penyempurnaan tata tertib di internal Pansus Tatib. Kemudian setelah langkah itu, Tatib masih akan dikonsultasikan dengan Bagian Hukum Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

"Sekarang yang dilalui penyempurnaan Tatib. Masih konsultasi dulu dengan bagian Hukum. Ketika sudah ada arahan, baru kita bentuk Raperda (Rencana Peraturan Daerah Pemilihan dan Pengangkatan Wakil Wali Kota)," jelas Ketua Pansus Pembentukan Tata Tertib Pemilihan dan Pengangkatan Wakil Wali Kota Blitar, DPRD Kota Blitar, Dedik Hendarwanto, kepada BLITARTIMES, Senin (17/09/2018) pagi.

Kemudian, jumlah nama-nama yang akan diusulkan sebagai Calon Wakil Wali Kota Blitar kepada Gubernur Jawa Timur, terdapat dua nama dari partai politik pengusung kepala pemerintahan saat ini, yakni Partai Demokrat dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Sehingga kata dia, dari masing-masing partai politik pengusung tersebut akan mengusung satu nama. Kendati begitu, Dedik mengaku di internalnya belum sampai pada tahap pembahasan nama calon yang akan diajukan ke Gubernur, beralasan masih fokus sempurnakan Tatib.

"Yang jelas kita usulkan dua nama. Itupun kalau tidak memungkinkan, kita ada satu untuk cadangan. Yang pasti nanti ada dua nama. Nah, pembahasan internal terkait nama-nama belum ada," tandas politisi PDIP ini.

Saat disinggung nama yang akan diusung partainya, Dedik mewakili PDIP hingga sekarang mengaku belum mendapatkan arahan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) maupun Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP. "Masih belum ada arahan dari DPP maupun DPD," tukasnya.

Sementara Ketua DPC Partai Demokrat Kota Blitar, Ito Tubagus Aditya mengatakan dalam proses pengajuan nama calon Wakil Wali Kota Blitar, pihaknya juga akan mengajukan satu nama. Tetapi, siapa nama yang akan diusungnya itu, Ito masih malu menjawab dan mengaku belum bisa memastikannya.

"Kita juga akan ajukan satu nama, tetapi masih belum tahu," akunya tutup perbincangan.


Topik

Politik berita-blitar Sama-Sama-Ajukan-Kandidat-Calon-Wakil-Wali-Kota-Blitar PDIP-dan-Demokarat-Masih-Rahasiakan-Nama Dewan-Pimpinan-Pusat



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

A Yahya