Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Libatkan Remaja Sukseskan Program KB, Dinas PPKBP3A Gelar Pemilihan Duta Genre

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : A Yahya

10 - Sep - 2018, 19:09

Placeholder
Pemilihan Duta Genre sukses digelar Dinas PPKBP3A Pemkab Blitar

Peran remaja sangat strategis dalam menyukseskan program keluarga berencana (KB). Guna mencapai misi tersebut Dinas Kependudukan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Blitar menggelar pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) tahun 2018, Sabtu (8/9/2018).

Pemilihan duta Genre yang digelar Dinas PPKBP3A di Forestero Hall Kampung Coklat diikuti belasan remaja putra dan putri tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat.

Kepala Dinas PPKBP3A Kabupaten Blitar Wachid Rosidi mengatakan, instansinya sengaja menggelar pemilihan atau lomba Duta Genre. Karena kegiatan tersebut merupakan salah satu program terkait Keluarga Berencana (KB). Dimana untuk mensukseskan program nasional tersebut, pihaknya juga melibatkan remaja. “Kita juga perlu mensosialisasikan program tersebut kepada remaja yang juga sebagai generasi muda,” ucap Wachid Rosidi.

Nah, melalui Duta Genre, diharapkan kedepan mereka bisa memberikan pemahaman tentang KB kepada teman sebaya dan lingkungan. Selain untuk mensosialisasikan program KB di kalangan remaja, Duta Genre nantinya juga akan dilombakan di tingkat yang lebih atas. Yakni Pemenang Duta lomba Duta Genre tingkat Provinsi Jawa Timur. Jika menang, maka akan diikutkan lomba tingkat pusat.

“Lomba Duta Genre tersebut,  digelar berjenjang artinya pemenang akan diikutkan pada tingkat yang lebih atas,” tegas dia.

Tahun ini, pemilihan Duta Genre tingkat Kabupaten Blitar, pelaksanaannya berbeda dengan pelaksanaan tahun sebelumnya. Hal yang membedakan yakni terkait kepanitiaan, dimana tahun ini panitia dan seleksi sepenuhnya dilakukan oleh senior atau peserta dan pemenang Duta Genre tahun sebelumnya. Selain kepanitiaan, tahun ini dilakukan karantina terhadap peserta Duta Genre. “Tahun ini, gelaran pemilihan Duta Genre mengadopsi pemilihan Duta Genre tingkat Provinsi Jatim,” Jelas pria yang dikenal ramah.

Seperti tahun sebelumnya, Duta Genre Kabupaten Blitar selalu juara tingkat jatim dan mewakili Jatim untuk mengikuti Duta Genre tingkat Nasional. Untuk itu, pihaknya berharap agar tahun ini Duta Genre Kabupaten Blitar bisa juara ditingkat Jatim. Pihaknya sangat mendukung kegiatan Duta Genre, karena kegiatan itu bermanfaat sebagai wadah remaja, agar generasi muda bisa menjadi generasi berencana yang berkualitas. Sebab, dalam Pemilihan Duta Genre, mereka diberi materi terkait rumah tangga, mulai dari usia dan apa saja yang disiapkan serta target anak ketika melangkah ke jenjang pernikahan.

“Intinya, agar remaja tahu tentang program KB dan diharapkan memberikan pemahaman itu ke teman sebaya dan juga lingkungan, kegiatan ini juga ikut untuk tekan perkawinan anak,” katanya.


Topik

Pemerintahan blitar berita-blitar



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

A Yahya