Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Pemkab Blitar Pastikan Pilkades Serentak 2018 Berjalan Lancar

Penulis : Meidian Dona Doni - Editor : Yunan Helmy

30 - Aug - 2018, 18:51

Placeholder
Ilustrasi (beritabaca.co.id)

Pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Kabupaten Blitar bakal berjalan lancar sesuai rencana pada 9 Oktober 2018 mendatang. Sebab, masing-masing desa yang menyelenggarakan pilkades ini kini sudah memiliki calon kades dan juga siap secara kepanitiaan.

Kepala Bagian Pemerintahan Pemkab Blitar Suhendro Winarso mengungkapkan, hingga kini belum mendapatkan laporan permasalahan dari ke-31 desa yang ikut pilkades serentak. “Pelaksanaaan pilkades itu merujuk pada permendagri, perda dan perbup. Dan saat ini sebagian besar desa sudah memenuhi persyaratan menggelar pilkades dan sudah penetapan calon kades dan panitia penyelenggara,” ucapnya, Kamis (30/8/2018).

Kini semua desa peserta pilkades serentak 2018 di Kabupaten Blitar sudah memiliki calon kades yang sudah didaftar. Dan sesuai peraturan, satu desa minimal ada 2 calon dan maksimal 5 calon kades. "Kalau calonnya sudah lima, secara otomatis penerimaan tertutup dan kini sudah banyak desa yang menutup pengumumannya,” ujarnya.

Beberapa waktu lalu, ada satu desa, yakni Sidorejo, Kecamatan Ponggok, yang dikabarkan belum siap ikut pilkades serentak 2018. Namun, kini desa tersebut memastikan ikut.

“Jadi, semuanya berjalan lancar. Tetap 31 desa yang ikut pilkades. Seperti di Ponggok sebelumnya belum siap karena panitia belum terbentuk, lalu kami beri pendampingan, dan hari ini akhirnya terbentuk. Jadi nanti akan lancar pilkades serentaknya,” kata Suhendro.

Sekadar tahu, pilkades serentak 2018 di Kabupaten Blitar diikuti 31 desa yang tersebar di 17 kecamatan. Di antaranya. di Kecamatan Wonodadi ada Desa Kolomayam, di Kecamatan Udanawu ada Desa Besuki, di Kecamatan Kademangan ada Desa Panggungduwut, Desa Kebonsari, Desa Sumberjo.

Di Kecamatan Bakung ada Desa Bululawang dan Desa Kedungbanteng. Di Kecamatan Ponggok ada Desa Ringinanyar, Desa Ponggok, Desa Sidorejo. Di Kecamatan Sanankulon ada Desa Sumberrejo dan Desa Jeding.

Di Kecamatan Wonotirto, ada Desa Sumberboto. Di Kecamatan Nglegok ada Desa Krenceng. Di Kecamatan Kanigoro ada Desa Kuningan. Di Kecamatan Garum ada Desa Pojok. Di Kecamatan Panggungrejo ada Desa Margomulyo, Desa Sumbersih, dan Desa Belerejo.

Di Kecamatan Talun ada Desa Tumpang. Di Kecamatan Gandusari ada Desa Tulungrejo, Desa Soso, Desa Gandusari. Di Kecamatan Doko ada Desa Slorok, Desa Plumbangan, Desa Sumberurip.

Di Kecamatan Kesamben ada Desa Siraman. Di Kecamatan Selopuro ada Desa Tegalrejo Di Kecamatan Selorejo ada Desa Banjarsari, Desa Sumberagung, dan Desa Sidomulyo. (*)


Topik

Peristiwa berita-blitar Pemkab-Blitar-Pastikan-Pilkades-Serentak-2018-Berjalan-Lancar Suhendro-Winarso



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Meidian Dona Doni

Editor

Yunan Helmy