Pemandangan Kampung LA saat malan hari di Dusun Pagergunung, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

Pemandangan Kampung LA saat malan hari di Dusun Pagergunung, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)



Satu lagi muncul tempat wisata yang menunjukkan keindahan alam di Kota Batu. Namanya Kampung Kedung Sari Lemah Abang atau lebih dikenal Kampung Lemah Abang di Dusun Pagergunung, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji.

Desa wisata ini sungguh memesona di malam hari. Kampung Lemah Abang menonjolkan warna-warni lampu bertuliskan "Kampung LA". Selain itu, bertebaran lampu yang membentuk rumah dan beragam hiasan bentuk lainnya yang menghiasi kampung tersebut.

Karena lokasinya yang berada di atas perbukitan, pengunjung yang datang akan disuguhi pemandangan Kota Batu dan pertanian. Tidak hanya itu. Di Kampung LA pengunjung juga bisa memilih menyeruput kopi sekadar menghangatkan badan sambil mengobrol dengan orang terdekat. 

Suasana kampung itu juga sangat bagus. Sebab, hampir semua rumah yang terdiri dari 45 kepala keluarga kompak menghias dengan lampu warna-warni. Yang cukup mengagumkan, kampung wisata ini dibuat dari hasil swadaya dari masyarakat sekitar. 

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengatakan, jika ada penginapan di situ, Kampung LA akan sangat lebih baik. Sebab, wisatawan bisa bermalam dan menikmati suasana di sana. “Kelengkapan fasilitas umum itu juga menjadi pertimbangan wisatawan. Semakin lengkap, akan banyak yang tertarik. Apalagi potensi dengan hadirnya penginapan akan mendukung,” ungkap dia.

Ke depan Kampung LA ini akan menyuguhkna paket seharian. Selain ada tempat menginap, juga disuguhkan wisata petik apel atau jeruk. 

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Imam Suryono menambahkan, memang ke depan wisata di Kota Batu bisa menyuguhkan paket wisata. Sehingga wisatawan bisa lebih lama di Kota Batu.

“Lebih bagus kalau setiap tempat wisata itu menawarkan paket wisata. Ada penginapannya, tempat edukasi atau wisata petik dan sebagainya,” kata Imam. 

Paket wisata itu penting agar wisatawan tidak hanya sebentar singgah di tempat wisata tersebut. Selain itu, agar ada pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut. “Jadi, tidak hanya sekadar desa wisata, tapi ada pemberdayaan masyarakatnya juga,” ucap Imam. (*)


End of content

No more pages to load