Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Peringati Harjakasi Ke-200, Bupati Ingin Sitibondo Jadi Zona Integritas

Penulis : Heru Hartanto - Editor : Yunan Helmy

15 - Aug - 2018, 14:41

Placeholder
Usai upacara, bupati dan aabup saat dimintai komentar seputar peringatan Harjakasi ke-200. (Foto Heru Hartanto / Situbondo TIMES)

Bupati Situbondo H. Dadang Wigiarto SH memimpin upacara peringatan Hari Jadi Kabupaten Situbondo (Harjakasi) ke-200. Upacara berlangsung di halaman belakang kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo Jl PB Sudirman No 1 Situbondo, Rabu (15/08/2018).

Upacara yang dihadiri Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Situbondo, kepala organisasi pemerintah daerah (OPD) Kabupaten Situbondo, ketua dan wakil Ketua TP PKK Kabupaten Situbondo, pelajar dan tamu undangan lainnya itu berlangsung khidmat dan penuh imbauan yang disampaikan Bupati Dadang kepada staf-stafnya. "Dengan semangat hari jadi Kabupaten Situbondo ini, mari memberikan kinerja kita yang terbaik untuk kepentingan Situbondo yang kita cintai dan kepentingan untuk Republik Indonesia," tandas bupati Dadang.

Mungkin Situbondo, kata bupati, disebut sebagai kota kecil yang sumber daya manusianya sangat terbatas, jumlah penduduknya tidak banyak, wilayahnya juga lebih kecil bila dibanding dengan kabupaten-kabupaten tetangga. Tetapi semangat membangun reformasi birokrasi terus digalakkan. "Misalnya, ketika menteri PAN RB datang ke Situbondo yang terucap ternyata Situbondo mempunyai semangat yang sangat luar biasa dan bisa dicontoh oleh pemerintah pusat dalam hal membangun birokrasi reformasi. Untuk itu, mari kita bersama-sama menjalankan pekerjaan dengan benar dan baik untuk kita persembahkan kepada bangsa Indonesia," ujarnya.

Menteri PAN RB, lanjut Bupati Dadang, akan menyampaikan langsung kepada presiden RI terkait Situbondo menjadi zona integritas. "Kata menteri PAN RB, zona integritas yang sedang dilaksanakan di Kabupaten Situbondo bisa menjadi percontohan dan harus diterapkan di semua kabupaten kota maupun di provinsi di seluruh Nusantara," terang Bupati Dadang.

Bupati dalam arahannya pada upacara peringatan Harjakasi ke-200. Namun dia juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat, kepada seluruh pihak tidak hanya di tingkat Pemerintahan Kabupaten Situbondo saja, namun pada instansi vertikal, tokoh-tokoh agama, tokoh tokoh masyarakat, kepada semua orang yang telah ikut berpartisipasi membangun Kabupaten Situbondo untuk menjadi zona integritas dalam berbagai pelayanan yang bersih dari KKN.

Kekuatan besar dari sebuah peradaban, kata Bupati Dadang, kuncinya ada kepada masyarakat yang bisa tertata dengan baik, terorganisir dengan baik. "Pemimpin tidak bisa menjadi satu-satunya untuk memajukan sebuah peradaban ini, kita harus saling bahu membahu saling memberi, saling mengisi diantara kekurangan-kekurangan yang ada. Oleh karena itu, momentun peringatan Hari Jadi Kabupaten Situbondo tahun 2018 yang ke 200 ini, kita jadikan semangat untuk menyatukan kekuatan rasa persaudaraan," ucapnhanya.

Untuk menyatukan rasa persaudaraan tersebut, lanjut bupati, juga tidak lepas dari peran Polres yang tidak hanya menjaga ketertiban dan keamanan semata. Tapi, Polres Situbondo telah mampu mengompakkan berbagai komunitas yang ada di Situbondo. "Ketika polres membangun komunitas, membina komunitas bersama-sama Komandan Kodim, maka warna dari rasa persaudaraan di antara kita semakin kuat. Upaya ini dilakukan untuk mencari jalan keluar terhadap problem problem sosial yang selama ini menjadi penghambat dari kemajuan kemajuan Kabupaten Situbondo," bebernya.

Bicara mengenai kesejahteraan, keadilan, perlindungan kepada masyarakat mustahil akan bisa terjapai, kalau reformasi birokrasi tidak terus digelorakan. "Zona integritas yang dipelopori oleh kajari Situbondo yang menjadi bagian tidak terpisahkan dari membangun Kabupaten Situbondo merupakan langkah konkrit," ungkapnya.

Selanjutnya, pimpinan DPRD Situbondo bersama seluruh anggotanya juga bisa memberikan warna dalam membangun Kabupaten Situbondo. Sehingga kepentingan rakyat Situbondo kini diatas kepentingan pribadi dan golongannya. "Oleh karenanya, saya meminta kepada teman-teman Pemerintah Kabupaten Situbondo dengan bermacam-macam bidang yang diberikan amanah agar punya kompetensi-kompetensi tertentu, kemudian menjalankan tugas secara amanah dan sungguh-sungguh," pungkasnya. (*)


Topik

Pemerintahan berita-malang H-Dadang-Wigiarto-SH Bupati-Situbondo



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Heru Hartanto

Editor

Yunan Helmy