Ketua DPC Demokrat Kabupaten Malang Ir. Gufron Marzuki saat menghadiri peringatan Hari Veteran Nasional ke IV dan HUT ke 54 Oiveri (persatuan isteri veteran) (Istimewa).
Ketua DPC Demokrat Kabupaten Malang Ir. Gufron Marzuki saat menghadiri peringatan Hari Veteran Nasional ke IV dan HUT ke 54 Oiveri (persatuan isteri veteran) (Istimewa).

Bulan Agustus menjadi bulan istimewa bagi seluruh rakyat Indonesia. Karena di bulan ke delapan itu, bangsa ini menyatakan kemerdekaannya atas penjajahan yang berlangsung dalam waktu cukup lama. 

Peringatan atas jasa para pejuang bangsa pun selalu dilakukan setiap tahunnya. Seperti Hari Veteran Nasional ke IV Tahun 2018 dan HUT ke 54 Piveri (Persatuan Isteri Veteran) Tahun 2018 Cabang Kabupaten Malang yang dilakukan pada Senin (13/8/2018) misalnya. Di mana puluhan veteran hadir dan berbagi semangat memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. 

Dalam kesempatan itu, Ketua DPC Demokrat Kabupaten Malang, Ir Gufron Marzuki pun turut merasakan haru biru perjuangan para veteran. Sebagai generasi yang hidup dalam masa perjuangan, Gufron merasa jika semangat para veteran sudah mendarah daging dalam dirinya.

"Saya juga merupakan anak dari seorang veteran, dan saat menempuh pendidikan dari tingkat SD sampai SMA saya mendapat beasiswa dari veteran. Maka saya memiliki tanggungjawab lebih untuk mengisi kemerdekaan Indonesia," katanya pada MalangTIMES, Selasa (14/8/2018).

Menurut Gufron, pemuda harus mencontoh semangat para veteran yang selalu mencintai bangsa Indonesia. Sebagaimana pesan para veteran, para pemuda seharusnya mengisi kemerdekaan dengan cara yang positif dan penuh makna. 

"Saya bertemu veteran yang usianya 92 tahun, dan beliau sangat semangat. Itu patut kita contoh," tambahnya.

Lebih jauh pria kalem tersebut menyampaikan jika ada banyak cara positif yang bisa dilakukan para pemuda dalam mengisi kemerdekaan. Salah satunya adalah ikut membangun bangsa Indonesia dari berbagai sisi. Di antaranya seperti menjadi pengusaha hingga pemimpin bangsa.

"Dan dalam kesempatan tersebut saya sekaligus meminta restu untuk maju sebagai wakil rakyat di DPR RI dari Dapil Malang. Ini menjadi tanggungjawab saya untuk turut membangun bangsa," urainya.

Gayung bersambut, langkah baik politisi Demokrat itu pun diamini oleh para veteran. Sehingga ia berharap nantinya dapat mengemban amanah masyarakat saat menjabat sebagai wakil rakyat. Selain itu juga mampu mengakomodir semua kebutuhan masyarakat dari berbafai kalangan.

"Restu yang diberikan itu saya harap akan menjadikan saya amanah mengemban aspirasi rakyat," pungkasnya.